Wisata murah hanya dengan juta bisa liburan ke Raja Ampat.. ini caranya

Travel Blog Reservasi – Bak sepotong surga di ujung timur Indonesia, Raja Ampat memiliki keindahan alam dan dunia bawah laut yang telah tersohor hingga ke mancanegara. Tidak hanya wisatawan lokal saja yang bercita-cita berkunjung ke Raja Ampat, wisatawan asing pun tidak kalah antusias dalam menyiapkan rencana traveling ke surga di area Kepala Burung ini. Siapa bilang tidak bisa liburan murah ke Raja Ampat? 
Siapa juga yang tidak tertarik ke Raja Ampat untuk melihat gugusan 4 pulau serta taman laut dengan kekayaan biodiversitas nomor satu di Indonesia?
Namun sayang, mahalnya biaya akomodasi untuk berkunjung ke Raja Ampat masih menjadi kendala utama. Dengan segudang potensi wisata alam dan bahari yang dimiliki Raja Ampat, semua itu belum dikelola secara maksimal. Hal inilah yang kemudian menyebabkan cukup mahalnya biaya akomodasi menuju Raja Ampat.
Eits, tetapi, mahalnya biaya akomodasi ke Raja Ampat bukan berarti tanpa celah, lho, guys. Nah, celah inilah yang kemudian bisa dimanfaatkan untuk menekan biaya akomodasi ke Raja Ampat semaksimal mungkin hingga 4 jutaan. Penasaran bagaimana caranya? Simak cara liburan murah 4 jutaan ke Raja Ampat berikut ini, ya!
Persiapkan itinerary ke Raja Ampat dengan matang
Rencana perjalanan atau itinerary ini merupakan hal yang terpenting. Kalian disarankan untuk membuat rancangan atau catatan perihal kunjungan kalian ke Raja Ampat yang meliputi destinasi yang ingin dikunjungi beserta biaya akomodasinya.
Siapkan anggaran atau budget sekitar 4—4,5 juta rupiah dan catat ke dalam itinerary kalian. Anggaran ini akan digunakan antara lain untuk tiket pesawat, tiket kapal, transportasi selama di Raja Ampat, biaya penginapan, dan biaya makan serta minum.
Untuk bisa berkunjung ke Raja Ampat dengan biaya sekitar 4 jutaan, kalian tidak bisa pergi secara dadakan dan sendirian. Minimal, itinerary dibuat 6 bulan sebelum tanggal kepergian ke Raja Ampat.
Dengan waktu sekitar 6 bulan ini kalian yang belum memiliki anggaran atau budget yang cukup juga bisa menabung terlebih dahulu hingga tabungan kalian mencukupi. Tentunya, persiapan yang matang akan menghasilkan sesuatu yang matang juga, guys!
Liburan ke Raja Ampat dengan Budget Rp 4 Juta
Pesan tiket pesawat minimal 3 bulan sebelum keberangkatan ke Raja Ampat
Setelah anggaran terkumpul sekitar 4—4,5 juta, siapkan sekitar 1—1,5 juta untuk membeli tiket pesawat ke Kota Sorong, Papua Barat. Sebaiknya, kalian membeli tiket pesawat ke Kota Sorong sekitar 3 bulan sebelum waktu keberangkatan.
Hal tersebut tentunya dapat menekan biaya pesawat hingga semaksimal mungkin. Selain itu, kalian juga bisa memanfaatkan tiket pesawat promo menuju Kota Sorong. Pantau terus situs Reservasi.com agar mendapatkan kesempatan reservasi tiket pesawat murah dan promo ke Kota Sorong.
Harga tiket pesawat dari Jakarta atau dari kota di Pulau Jawa ke Kota Sorong adalah sekitar 1—1,5 juta rupiah. Sementara itu, estimasi harga tiket pesawat termahal dari kota di Pulau Jawa menuju Kota Sorong adalah 2 juta rupiah. Sementara itu, jika kalian berada di wilayah Indonesia bagian tengah atau bahkan timur, kemungkinan besar tiket pesawat menuju Kota Sorong akan lebih murah lagi.
Tambahkan ke dalam itinerary kalian harga tiket pesawat menuju Kota Sorong yaitu 2 juta rupiah. Kurangi anggaran 4,5 juta dengan biaya tiket pesawat sebesar 2 juta. Sekarang, anggaran kalian tersisa 2,5 juta rupiah.
Liburan ke Raja Ampat dengan Budget Rp 4 Juta
Usahakan hanya membawa satu tas ransel atau backpack saja
Salah satu langkah menekan biaya akomodasi menuju Raja Ampat adalah dengan membawa satu tas ransel atau satu backpack saja.
Saat packing, usahakan membawa barang-barang yang penting saja. Untuk pakaian, bawalah kaus dan celana secukupnya serta satu buah jaket. Jangan lupa untuk membawa barang-barang pribadi yang dapat digunakan dalam kondisi darurat misalnya obat-obatan khusus.
Jika dirasa perlu, kalian juga bisa membawa sleeping bag dan tenda kecil. Kalian juga bisa membawa makanan ringan atau mi instan.
Apapun yang kalian bawa, usahakan tidak melebihi satu ransel atau backpack kalian. Hal ini akan berpengaruh terhadap biaya bagasi pesawat. Semakin banyak dan semakin berat barang bawaan kalian, akan semakin mahal juga biaya bagasinya. Maksimal berat ransel adalah 7 kg agar muat di dalam kabin pesawat.
Biasanya, harga tiket pesawat yang kalian pesan sudah termasuk bagasi kabin 7kg gratis. Oleh karena itu, manfaatkan semaksimal mungkin bagasi kabin gratis ini sehingga kalian tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli bagasi kompartemen atau bagasi check in.  
Selain itu, kalian juga boleh membawa satu tas kecil yang bisa dikalungkan di leher untuk menyimpan benda dan barang-barang penting seperti gadget, dompet, dan lain-lain.
Hanya membawa satu ransel dan satu tas kecil saja tentunya tidak akan merepotkan dan membuat mobilisasi kalian lebih mudah selama perjalanan.  
Ajak teman sebanyak-banyaknya dan bersiaplah menjadi backpacker
Nah, jumlah teman atau jumlah rombongan minimal 7—10 orang dapat membuat biaya akomodasi terutama transportasi kalian selama di Raja Ampat semakin murah.
Pasalnya, biaya transportasi di Raja Ampat untuk menuju berbagai pulau favorit tergolong sangat mahal jika kalian tanggung sendirian. Semakin banyak teman yang ikut, akan semakin murah biaya tranportasinya karena kalian bisa patungan.
Jangan lupa, setelah dikurangi harga tiket pesawat, anggaran kalian untuk menuju Raja Ampat kini tersisa 2,5 juta rupiah.
Untuk menuju Raja Ampat, pesawat yang kalian tumpangi akan mendarat di Bandar Udara Domine Eduard Osok, yang terletak di Kota Sorong, Papua Barat.
Dari Kota Sorong, kalian akan melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Rakyat untuk menuju Kota Waisai yang merupakan ibu kota dari Raja Ampat. Biaya ongkos taksi adalah sekitar Rp50.000—Rp70.000 satu kali perjalanan dengan kapasitas penumang 5—6 orang.
Kalau kalian pergi sendirian atau hanya berdua, ongkos taksi tersebut tentunya cukup mahal karena hanya dibagi berdua. Sementara itu, kalau dalam satu rombongan ada sekitar 5 orang, kalian tentunya bisa patungan masing-masing Rp10.000 untuk membayar ongkos taksi. Lebih murah, kan?
Sampai di Pelabuhan Rakyat, kalian akan menaiki kapal untuk menuju ke Kota Waisai. Ada dua jenis kapal yang tersedia untuk mengantarkan kalian menuju Kota Waisai yaitu kapal fiber dan kapal kayu. Biaya untuk naik kapal fiber per orangnya adalah Rp120.000 per orangnya, sedangkan biaya untuk naik kapal kayu adalah Rp70.000 per orangnya.  
Liburan ke Raja Ampat dengan Budget Rp 4 Juta
Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk menuju Kota Waisai dari Pelabuhan Rakyat dengan kapal fiber adalah kurang lebih sekitar 3 jam sedangkan kapal kayu membutuhkan waktu tempuh sekitar 5—6 jam. Waktu tempuh perjalanan dari Pelabuhan Rakyat ke Kota Waisai ini juga bergantung dengan besar kecilnya ombak laut.

Sampai di Kota Waisai, kalian wajib mengunjungi kantor Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar) setempat dan membayar biaya konservasi sebesar Rp500.000 untuk wisatawan domestik dan Rp1.000.000 untuk wisatawan mancanegara. 

Selesai urusan di kantor Depbudpar, kalian bisa menyewa jasa ojek untuk menuju tempat penginapan. Harga penginapan termurah di Waisai adalah Rp200.000 per kamar dan per malamnya. Jika kalian ingin lebih murah lagi, berkawanlah dengan warga setempat. Biasanya, mereka bersedia memberikan tumpangan gratis di rumahnya jika kalian bisa mengenal mereka dengan baik.
Tidak ingin keluar biaya penginapan? Bisa! Gelar saja tikar atau dirikan tenda di pesisir pantai di Waisai. Tidak perlu sungkan, sangat banyak wisatawan yang melakukan hal ini.
Tidur dan istirahat secukupnya, lalu bangunlah pukul 04.00 WIT dan pergi ke Pasar Waisai. Pukul 04.00 WIT, perahu-perahu sewaan sudah berjajar rapi untuk mengantarkan kalian berpetualang di pulau-pulau yang ada di Raja Ampat. Dengan perahu tersebut, kalian juga bisa melanjutkan perjalanan sampai ke Wayag.
Wayag merupakan destinasi favorit para wisatawan yang datang berkunjung ke Raja Ampat. Pasalnya, di Wayag, terdapat pulau-pulau kecil yang berjajar rapi di sepanjang laut yang biru dan jernih. Di Wayag, kalian juga bisa menyelam ria sambil menikmati kekayaan biodiversitas laut Papua yang menakjubkan.

Harga sewa perahu di Pasar Waisai menuju Wayag adalah sekitar 2 jutaan. Biaya tersebut sudah termasuk dengan nelayan yang bertindak sebagai pengemudi perahu. Sayangnya, harga sewa perahu ini belum termasuk dengan biaya bahan bakar atau bensin yang dibutuhkan perahu. Satu perahu yang memiliki kapasitas sekitar 14 penumpang ini membutuhkan sekitar 400 liter bensin dengan harga 1 liternya sekitar Rp10.000. Hanya biaya bensinnya saja bisa mencapai 5 juta rupiah dan ditambah dengan sewa perahu 2 juta rupiah sehingga total biaya untuk menuju Wayag adalah 7 juta. Jika jumlah rombongan kalian adalah 10 orang, kalian bisa patungan masing-masing 500 ribu. Murah!
Perahu yang berlayar dari Pasar Waisai menuju Wayag membutuhkan waktu tempuh sekitar 12 jam. Tetapi, kalian tidak perlu khawatir akan bosan atau jenuh di perjalanan. Di sepanjang perjalanan di laut, kalian akan disuguhkan pemandangan alam yang luar biasa indahnya dan tidak akan kalian temukan di belahan dunia mana pun. Selain itu, tengoklah ke bawah air, niscaya kalian bisa melihat berbagai biota laut menari-nari menyapa kunjungan kalian ke Raja Ampat.
Liburan ke Raja Ampat dengan Budget Rp 4 Juta
Jalin komunikasi yang baik dengan warga setempat di Raja Ampat
Di sepanjang berlayar dari Pasar Waisai menuju Wayag, jalinlah komunikasi yang baik dengan nelayan yang mengemudi perahu. Tidak hanya itu, saat sampai di Wayag, sapa dan berkomunikasilah dengan warga setempat. Jika kalian memiliki makanan atau minuman berlebih, bagilah mereka sebagai tanda perkenalan.  

Warga timur Indonesia terkenal dengan keramahan dan kebaikannya. Jika beruntung, kalian biasanya akan ditawarkan menginap di rumah mereka. Mereka juga akan membantu kalian mendapatkan penginapan termurah di Wayag. 

Wajib berprinsip “makan untuk hidup” bukan “hidup untuk makan”
Selama berpetualang di Raja Ampat, jangan terlalu boros dalam mengeluarkan biaya untuk makan. Makanlah untuk hidup dan jangan hidup untuk makan selama berada di Raja Ampat. Makanlah secukupnya dan usahakan kalian mencicipi makanan khas Papua. Dengan begitu, eksplorasi kalian di Raja Ampat akan lebih maksimal dan tak terlupakan.  

Jika kalian memiliki relasi yang baik dengan warga setempat, biasanya mereka juga dengan senang hati akan membawa kalian ke tempat-tempat yang menyediakan makanan khas Papua dengan harga yang murah. Tidak hanya itu, tak jarang mereka juga bahkan akan menawarkan kalian makan di rumahnya lho. Memakan makanan khas Papua yang dimasak langsung oleh warga asli Papua. Unforgettable moment!
Dengan begitu, biaya makan kalian juga bisa ditekan, mari kita estimasikan biaya makan sebesar Rp300.000 untuk 5—6 hari.
Pulang dengan menggunakan kapal laut
Jika sudah puas mengeksplorasi Raja Ampat, sekarang waktunya pulang! Nah, untuk lebih menghemat anggaran yang kemungkinan sudah menipis, kalian bisa pulang dengan naik Kapal PELNI yang berlayar dari Sorong menuju Jakarta.
Tarif Kapal PELNI adalah setengah dari harga tiket pesawat yaitu sekitar Rp500.000—Rp800.000 dengan waktu tempuh sekitar 5—6 hari untuk sampai ke Jakarta. Kapal PELNI hanya berlayar satu minggu sekali, jadi pastikan kalian tidak ketinggalan kapal dan mencari informasi mengenai jadwal berlayarnya kapal.
Terlalu lama dan terkesan akan melelahkan memang, namun semuanya akan tergantikan dengan pengalaman menyenangkan berlayar ke Jakarta dengan Kapal PELNI. Pasalnya, jalur Kapal PELNI dari Sorong menuju Jakarta akan melewati Maluku dan Banda Naira.
Maluku dan Banda Naira merupakan potongan surga lainnya di ujung timur Indonesia yang tidak kalah cantiknya dengan Raja Ampat. Tidak hanya terkenal kecantikannya, Banda Naira juga terkenal akan wisata sejarahnya dan banyak terdapat benteng-benteng peninggalan Belanda.
Selain itu, Kapal PELNI juga biasanya akan berhenti beberapa kali di pelabuhan-pelabuhan berbagai kota yang dilewatinya. Durasi berhenti atau berlabuh Kapal PELNI biasanya berkisar antara 3—4 jam. Waktu yang cukup untuk kalian turun dari kapal dan jalan-jalan mengelilingi kota.
Kalian yang merupakan traveler sejati pasti tidak akan menyia-nyiakan hal ini. Pasalnya, dengan pulang naik Kapal PELNI, kalian akan menjelajah separuh bagian dari wilayah Timur di Indonesia!
Rincian biaya akomodasi menuju Raja Ampat
Nah, sekarang mari kita total semua biaya akomodasi menuju Raja Ampat.

 Berikut ini adalah rinciannya.
Tiket pesawat ke Kota Sorong per orang = Rp1.500.000
Taksi dari Sorong ke Pelabuhan Rakyat (Patungan-PP) = Rp20.000
Ongkos Kapal Fiber ke Waisai (Patungan-PP) = Rp240.000
Biaya konservasi Depbudpar =Rp500.000
Biaya patungan sewa perahu menuju Wayag (PP) =Rp500.000
Estimasi biaya penginapan di Raja Ampat =Rp 400.000
Estimasi biaya makan =Rp 300.000
Ongkos Kapal PELNI =Rp 800.000
Total Rp 4.260.000

Jika anggaran atau budget yang kalian miliki adalah 4,5 juta rupiah, kalian masih memiliki sisa anggaran sekitar 240 ribu rupiah. Gunakan sisa anggaran tersebut untuk hal-hal yang tidak terduga di luar rencana perjalanan, ya!