Ternyata Ini Beda Orang Kampung Dan Orang Perumahan

Trit ini terinspirasi dari tetangga saya kanan kiri. Yang suka gosip tiada henti. Yang suaranya ngalah – ngalahin suara sapi. Padahal yang digosipin ada di sebelahnya daritadi. Kayaknya ini sudah semacam tradisi. Betul nggak sih ?

Maka dari itu terbitlah “Beda orang kampung dan orang perumahan”.

Maksud saya orang kampung itu tempat tinggalnya di kampung. Betul, kampung yang alamatnya biasanya cuma desa SarungTinju kecamatan SukaTuru RT 1 RW 10 Kabupaten SalahKrungu. Atau Jl. Manggis no.32 kecamatan Meringis Blablabla. Kalo perumahan biasanya alamatnya Perumahan GadingBelalang Blok A no. 12a SukaTuru Blablabla. Ada juga yang Cluster Satu Cluster Dua, bahkan Cluster EnamSembilan. Macem – macem lah pokoknya. Disini saya akan bahas perbedaan yang cukup mencolok antara orang kampung dan orang perumahan. Btw agan – agan disini banyak yang orang kampung apa perumahan ? Kalo saya sih orang perumahan yang tinggal di kampung sebelah perumahan.


Spoiler for 1.:

5 Perbedaan Orang Kampung dan Orang Perumahan

1. Bertamu

Yah saya rasa cara bertamu di kampung atau perumahan jelas beda lah ya. Orang kampung cenderung easy-going alias nyantai. Jadi begitu pintu rumah agan terbuka, mereka nggak akan segan – segan langsung masuk ke ruang tamu sambil berteriak Bobby...Bobby, padahal tahu Bobby lagi di teras lagi nyate. Tetep aja pasti mereka nggak ragu masuk ke wilayah agan. Dan si Bobby juga merasa ini hal yang biasa dan jarang ada yang tersinggung dengan cara bertamu seperti itu. Coba kalo orang perumahan. Ada yang bertamu caranya seperti itu, apalagi perumahan elit Cluster EnamSembilan... Wuuoogh bisa – bisa agan yang di sate. Nyelonong masuk gitu, Modari sang pemilik rumah langsung tersinggung. Modari merasa ada yang memasuki wilayahnya tanpa seijinnya. Padahal tetangganya sendiri. Yang bener harus ketok pagar dulu tiga kali, lalu ucapkan salam yang bener ala Upin Ipin. Trus pencet bel sekali dua kali aja jangan spam ! Trus jangan lupa salto dua kali biar menarik perhatian lainnya hehehe. Tunggu sampe pemilik rumah keluar baru dah ngomong apa keperluannya. Memang, ada juga kok orang perumahan yang gaya bertamunya kayak orang kampung. Kalo saya sih lebih suka bertamu yang ala upin ipin tadi, bukan karna saya orang kampung yang gaya, tapi saya lebih nyaman seperti itu. Kalo agan bagaimana ?


Spoiler for 2.:

5 Perbedaan Orang Kampung dan Orang Perumahan

2. Ngajak kumpul atau undangan

Hmm ini biasanya terjadi di daerah kampung yang agak kental tradisinya sih. Kalo di kampung itu misal ada acara tahlilan, undangan PKK, atau undangan sunatnya Bobby yang kelima, orang kampung biasanya cukup memanggil dan memberitahu warga satu – satu. Yah mouth to mouth gitu. Atau di umumkan via speaker masjid dekat situ. “Bapak – bapak, jangan lupa nanti malam ada sunatannya Mas Bobby yang kelima”. Sudah beres, pas malam hari pasti datang semua tuh warganya. Kalo perumahan ? Misal ada acara tahlilan gitu. Harus bikin undangan dulu satu lembar di fotocopy, tanda tangan pak RT, pak RW, pak Modari. Baru deh dibagiin ke warganya. Ada yang undangannya diselipin di pagar. Dan acaranya pun H+2 dari saat undangan dibagikan. Nah pas hari H juga paling cuma pentolan – pentolan yang rajin datang. Ada sih sebagian, tapi nggak seberapa kenal orangnya dan asal datang aja ngabisin kacang sama makan rawon hehehe. Kalo di tempat agan gimana ? Apa diumumin lewat masjid atau bagi – bagi undangan ? Apa warganya dipanggil lewat speaker masjid buat ambil undangan ? Hehehehe.


Spoiler for 3.:

5 Perbedaan Orang Kampung dan Orang Perumahan

3. Giveaway atau bagi – bagi rejeki

Ini sih saya kurang setuju cuman ini perasaan saya apa memang orang kampung lebih unggul kalo masalah give away yah ? Misalnya ada tetangga yang habis beli sepeda motor, dia bagi – bagi jajan ke tetangga – tetangga, kalo orang jawa bilang ‘banca’an’. Ada Bobby yang lulus S1 jurusan perkhitanan, waaah dia bagi – bagi nasi kotak ke tetangga. Si Bobby beli panci baru, bagi – bagi beras. Kalo orang perumahan Cluster EnamSembilan ? Ada Modari yang kelihatan beli mobil baru, cepet – cepet mobilnya dimasukin garasi. Niatnya sih merendah tapi kadang – kadang ada yang menilai sombong lah pelit lah. Ditanya orang bilangnya mobil kantor. Tapi kok platnya tulisan M 0 D 4 R 1 ? Hmm nggak semua orang perumahan seperti itu sih, tetangga saya orang perumahan dulu ada kok yang suka give away jajan pas anaknya keterima di univ negeri atau pas khataman Al-Qur’an. Dan tetangga saya orang kampung juga ada kok yang pelitnya ya ampun, nunggu dibecandain dulu baru dia mau giveaway. Mungkin karena dia bosan tiap hari disindir. Hehehehe. Jadi poin ini nggak cukup membedakan orang kampung dan orang perumahan. Tapi kok rasa – rasanya orang kampung lebih unggul deh.


Spoiler for 4.:

5 Perbedaan Orang Kampung dan Orang Perumahan

4. Individualisme dan Solidaritas

Poin ini juga termasuk yang mencolok nih dan kadang – kadang ada perasaan miris juga sih. Yah kalo memang ada yag salah saya terima kritik dan sarannya kok. Harus saya akui orang kampung lebih kompak kalo masalah kegiatan di kampung. Mereka solid sekali. Gotong royong selalu. Tapi kalo ada yang nggak sejalan dengan paham mereka bisa – bisa dikucilkan. Dan jadi bahan gosip satu kampung. Beda banget sama orang perumahan yang cenderung mikirin urusannya sendiri. Kalo bener – bener nggak ada masalah yang serius di lingkungannya mereka orang perumahan nggak akan mau muncul, mending di rumah liat youtube sambil makan sate. Sekali lagi nggak semua orang perumahan seperti itu kok. Tapi kalo kampung, ada kegiatan kecil apa orang – orang pasti kumpul. Ngobrol apalah, politik, bisnis, perawan desa, janda desa, dan lain – lain. Dan apabila ada warganya yang punya kasus, orang kampung pasti membela tetangganya itu walaupun kadang – kadang agak berlebihan. Maksud saya ini merujuk kepada berita – berita yang sering kita dengar. Agan pernah denger kalimat,”Kalo kecelakaan lalin, urusan sama orang kampung mending ngalah aja”. Kalo udah, pasti agan ngerti maksud saya. Agak miris sih. Beda sama orang perumahan, kalo ada kecelakaan lalin yang melibatkan orang perumahan, mereka nggak pakai cara oldschool seperti orang kampung. Mereka cenderung pake cara smart daripada pake cara ‘diancam secara tak langsung’. Malah ada juga yang gengsi. Dan yang penting bagi mereka kalo salah ya salah ! Yah seperti itu lah kira – kira, ini kenyataan yang terjadi di negeri kita gan.


Spoiler for 5.:

5 Perbedaan Orang Kampung dan Orang Perumahan

5.Ketika mendapat musibah

Hahaha, ini juga saya dapet cerita nih. Pastinya dari Bobby dan Modari. Agan – agan mungkin pernah ngalamin juga kayaknya. Orang kampung cenderung pake perasaan kalo misal ada tetangganya yang lagi kena musibah. Mereka pasti nggak enak kalo nolak untuk membantu. Kucing Bobby sakit gara – gara makan sate aja bisa sembuh gara – gara dibantu tetangganya tentang biaya pengobatan. Dan biasanya orang kampung nggak memaksa Bobby untuk segera ngembalikan uangnya. Makanya orang kampung itu solid. Yang dibantu itu juga ngerti dan berusaha balas budi, jadi suatu saat kalo kucing tetangganya itu sakit, Bobby lah yang mengurus biaya pengobatannya. Padahal tetangganya nggak pelihara kucing. Hehehe bercanda. Trus misal ada rumah warga yang kemalingan, cukup butuh satu teriakan aja, “Maling...maling...”. Wuih satu kampung sudah kayak supporter sepak bola dan pasti sudah jadi sate itu maling. Kalo orang perumahan, ini ada Modari yang butuh biaya operasi usus buntu buat burungnya. Burung kenarinya lho ya, bukan yang lain. Saya yakin cuma tetangga dekat aja yang mau minjemin itupun ada deadline cuma beberapa hari. Dan belum sampe hari deadline tiap hari tiap malem dikirimin ucapan selamat malam Modari, selamat bekerja Modari jangan lupa utangmu ya. Kalo nggak ngembalikan tepat waktu, nggak main – main orang perumahan bakalan bawa terminator ke rumah. Malah kayak drama sinetron jadinya hahaha. Dan lagi -
lagi nggak semua orang kampung dan orang perumahan seperti ini kejadian, ada juga lho yang sebaliknya !