Hindari Makanan Ini agar Anda dapat Tidur Nyenyak

5 Pantangan Makanan yang gak boleh di makan malam hari biar tidur agan nyenyak
Anda sering mengalami kesulitan tidur di malam hari? Coba periksa kembali, bisa jadi makanan yang Anda makan sebelum tidur justru menjadikan Anda sulit tidur.
Istirahat sangat penting bagi kesehatan, karena itu kurang tidur bisa berakibat buruk pada ingatan, produktivitas dan kesehatan secara menyeluruh.
Oleh karena itu, hindari konsumsi 5 makanan berikut ini agar tidur Anda tidak terganggu.
1. Daging merah
Kudapan berbahan daging sudah pasti menggugah selera makan setiap orang. Sayangnya, makanan ini justru memengaruhi kualitas tidur jika dinikmati malam hari.
Daging merah membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada makanan lain. Sehingga membuat kita tidak merasa nyaman saat hendak tidur. Akan lebih baik jika Anda pilih makanan yang lebih ringan sebelum tidur.
2. Makanan pedas
Sebagian besar masyarakat Indonesia suka makanan pedas. Namun, melansir The Sleep Council, sebaiknya Anda yang punya masalah tidur menghindari konsumsi makanan pedas. Unsur pedas dalam cabai yaitu capsaicin bisa mengganggu ketenangan Anda saat tidur. Selain itu, makanan pedas juga bisa menaikkan suhu tubuh dan membuat Anda merasa tidak nyaman.
3. Makanan yang tinggi kandungan gula
Sering mendengar istilah sugar rush? Begitulah yang terjadi pada tubuh jika mengonsumsi makanan tinggi gula di malam hari. Tubuh akan mendapat suntikan energi instan yang membuat Anda tidak merasa kantuk. Lisa Artis dari The Sleep Council merekomendasikan sereal gandum dengan kadar gula rendah atau pisang untuk meningkatkan trytophan dalam aliran darah.
Tryptophan merupakan asam amino yang dipakai untuk menghasilkan serotonin dan melatonin yang merangsang tidur. Selain itu, Tryptophan juga berfungsi sebagai neurotransmitter yang merangsang perasaan santai untuk memperlambat aliran saraf dan menghentikan otak berdengung.
4. Alkohol
Beberapa orang suka menegak segelas alkohol di malam hari dengan anggapan tidurnya jadi bisa lebih nyenyak.

Padahal, yang terjadi adalah alkohol justru membuat Anda merasa lebih lelah. Efek stimulan alkohol akan berkurang dan beralih fungsi sebagai obat penenang. Alkohol secara negatif memengaruhi keseimbangan tidur REM (Rapid Eye Movement). Padahal tidur REM berfungsi membuat tubuh segar dan memproses memori jangka pendek, terutama saat paruh kedua malam.

5. Kafein
Mengonsumsi kafein di malam hari bisa membuat Anda jadi gelisah. Kafein memblokir adenosin kimia yang memberi efek terjaga selama sekitar enam jam dan ini mencegah kita mendapatkan jumlah tidur harian yang direkomendasikan.
Sebaiknya Anda membatasi konsumsi kafein setiap hari. Cukup dua cangkir setiap hari dan hindari mengonsumsi setelah makan siang agar tidur Anda lebih berkualitas.