Inlah Pantagan Yang Harus Di Hindari Ketika Mendaki Gunung

Gunung Rinjani adalah gunung yang ada di Lombok, Indonesia. Gunung Rinjani menjadi salah satu gunung yang menjadi favorit dan impian para pendaki. Ketinggian Gunung Rinjani adalah 3726 mdpl. Gunung Rinjani terkenal dengan trekking pendakiannya yang menantang dan juga spot spot yang sangat unik di Gunung Rinjani. Terdapat berbagai tempat unik di Gunung Rinjani, seperti Danau Segara Anak dan ada banyak Air Terjun di Gunung Rinjani. Jika Kamu mau mendaki Gunung Rinjani, ada beberapa hal nih yang harus diperhatikan, agar nantinya tidak terjadi sesuatu hal saat pendakian. Berikut ini 6 pantangan yang tidak boleh kamu lakukan ketika sedang mendaki Gunung Rinjani.

 

Berkata Kotor
Quote:Mau Mendaki Gunung Rinjani? Wajib Tahu Pantangannya Dong!
Pantangan mendaki Gunung Rinjani yang pertama adalah berkata kotor. Gunung Rinjani adalah tempat ibadah atau tempat pemujaan bagi orang orang di kaki Rinjani. Sebaiknya jika kamu mendaki Gunung Rinjani berkata yang baik baik saja. Jangan berkata yang tidak baik apalagi berkata kotor dan mengumpat. Itu berarti Kamu tidak menghormati tempat yang sedang kamu lalui.


Berbuat Tidak Senonoh
Quote:Mau Mendaki Gunung Rinjani? Wajib Tahu Pantangannya Dong!
Berbuat tidak senonoh atau berbuat mesum di Gunung manapun semestinya tidak boleh dilakukan. Apalagi di Gunung Rinjani yang memang tempat menjadi tempat ibadah. Ingat, gunung adalah tempat indah ciptaan Tuhan. Jangan sampai dikotori dengan hal hal yang justru membuat dosa.


Minum Minuman Keras
Quote:Mau Mendaki Gunung Rinjani? Wajib Tahu Pantangannya Dong!
Mendaki gunung membutuhkan energi dan stamina tinggi serta pikiran yang stres. Jika kamu berniat minum minuman keras di Gunung Rinjani, sebaiknya batalkan saja agenda mendaki gunungnya. Minum minuman keras akan membuat kesadaran turun, padahal di gunung membutuhkan pemikiran untuk melalui jalanan jalanan di tengah pepohonan dan padang rumput. Pantangan mendaki Gunung Rinjani ini harus Kamu taati yaa.


Memetik Bunga Eidelweis
Quote:Mau Mendaki Gunung Rinjani? Wajib Tahu Pantangannya Dong!
Memetik bunga eidelweis adalah larangan bagi semua orang yang mendaki gunung. Bunga eidelweis adalah bunga yang dilindungi. Sekalipun tidak ada yang melihat, jangan pernah memetik bunga eidelwies. Biarkan bunga yang terkenal sebagai bunga abadi ini tumbuh dan berbunga di Gunung Rinjani tanpa perlu diusik oleh tangan tangan jahil.


Jangan Terlalu Memaksakan Ego
Quote:Mau Mendaki Gunung Rinjani? Wajib Tahu Pantangannya Dong!
Pantangan mendaki Gunung Rinjani selanjutnya adalah jangan memaksakan ego. Jika Kamu mendaki bersama teman atau sahabat, toleransilah mereka apabila terlalu capek berjalan,, istirahat sebentar. Jika kondisi alam tidak memungkinkan untuk melanjutkan perjalanan sebaiknya berhenti dan mendirikan tenda terlebih dahulu. Terburu buru dan memaksakan ego ketika di Gunung Rinjani bukalah hal yang baik.


Sampah Kok Buang Sampah?
Quote:Mau Mendaki Gunung Rinjani? Wajib Tahu Pantangannya Dong!
Hal yang satu ini mungkin sudah mulai diabaikan oleh banyak orang. Merusak lingkungan itu bisa dengan membuang sampah sembarangan, vandalisme, membuat api unggun sembarangan dan lain sebagainya. Hal hal ini akan mengurangi keindahan Gunung Rinjani. Padahal suatu saat mungkin Kamu atau anak cucu kamu yang akan menikmati pendakian di Gunung Rinjani.




Sekian tadi 6 pantangan mendaki Gunung Rinjani. Pantangan berikut juga pasti berlaku buat semua tempat wisata yang ada dimanapun itu. Terkhusus yang doyan buang sampah sembarangan saat diatas, tolong direnungin. Sampah kok nyampah? Ingat, jangan mengambil apapun kecuali foto dan jangan membunuh apapun kecuali waktu. Semoga bermanfaat.