Bedanya Dukun Dan Dokter

Diskripsi Masalah(Mbah Dukun & Dokter)


Jalan pintas asal pantas, itulah paradigma yang sering dipakai pijakan alternatif mencapai keinginan dan harapan hampir semua orang.Takperduli orang yang tak cukup punya harta ataupun yang hartanya berlimpah, baik tujuan jabatan, kekayaan lebih-lebih dalam pengobatan. Sudah menjadi hal yang lumrah dan tak perlu dicurigai adanya, jika model pengobatan karakter paranormal, ciri khas dan permasalahan yang dihadapi itu sangat bervariatif.

Quote:Diskripsi Masalah(Mbah Dukun & Dokter)
Jalan pintas asal pantas, itulah paradigma yang sering dipakai pijakan alternatif mencapai keinginan dan harapan hampir semua orang.Takperduli orang yang tak cukup punya harta ataupun yang hartanya berlimpah, baik tujuan jabatan, kekayaan lebih-lebih dalam pengobatan. Sudah menjadi hal yang lumrah dan tak perlu dicurigai adanya, jika model pengobatan karakter paranormal, ciri khas dan permasalahan yang dihadapi itu sangat bervariatif.

Salah satu contohnya adalah salah seorang paranormal perempuan yang mengaku mempunyai kelebihan magic, yang didapatkan ketika ia bermimpi bertemu anaknya yang mati di dalam kandungan. Dalam pengobatannya ia memijat bagian yang sakit serta seorang pasien didengarkan musik dan diajak bergoyang, biasanya musik yang diputar adalah musik rock,dangdut dll.

Menurut pengakuan beberapa pasien model pengobatan semacam ini sangat mujarab dan yang pasti biayanya relatif murah daripada ke rumah sakit. Dalam contoh lain sering kita jumpai seorang yang meminta bantuan paranormal untuk menyelesaikan permasalahan semisal ingin mendapat pangkat,keturunan, pelarisan dagangan, menanyakan pelaku pencurian, karakter calon pasangan hidup, hari baik untuk melaksanakan kegiatan ataupun acara, bahkan untuk urusan kriminal (pembunuhan, kecelakaan) pun acap kali seorang paranormal mencari info terkait problematika sang pasien dengan cara memanggil arwah korban atau saksi-saksi dari bangsa ghaib.

Terlepas dari semua itu, kepribadian dan ciri khas paranormal juga sangat bervariativ. diantaranya  kijagad, beliau salah satu paranormal yang bercirikan serba hitam dalam pakaiannya, sering bertapa kebeberapa tempat yang keramat, bila pada malam 1 suro ia juga biasa mencuci keris, membakar kemenyan dan memakannya. Meskipun demikian, kijagad adalah seorang imam masjid dan selalu menjaga sholat. Adapula pula paranormal lain yang selalu berpakain serba putih berjubah dan bersurban, namun ketika mengobati terkadang mantra yang digunakan bukan bahasa arab (jawa atau bahasa yang tidak bisa dipaham artinya).


Quote:Diskripsi Masalah(Mbah Dukun & Dokter)
Dari kebanyakan pasien bahkan bisa dipastikan tidak pernah menanyakan atau meneliti ikhwal dan profil dari paranormal, apakah sudah memiliki kriteria mutasyarri’atau belum. Yang ada dalam benak mereka adalah bagaimana problamatika mereka segera tuntas dan puas. Segala ucapan dan bentuk isyarat yang diberikan oleh sang paranormal adalah sebuah jembatan yang harus dipegang teguh demi tersapainya tujuan.

Dari sisi lain, dunia medis mengalami kemajuan yang cukup pesat,mulai dari penanganan penyakit kulit sampai organ dalam pun dapat dilihat dengan jelas, sehingga validitas penyakit bisa diketahui. Salah satu bukti kemajuan medis adalah bisa mengetahui keberadaan janin dalam kandungan seperti  yang dialami Roland dan Juminten yang sudah lama tidak dikaruniai anak, seorang dokter mengatakan penyebabnya adalah karena kurang suburnya sel telur, sementara disisi lain, menurut penerawangan paranormal kemandulan itu disebabkan adanya makhluk ghaib yang menghambat jalur keturunan dari keduanya.Seringkali pula seorang dokter tidak mengetahui wujudnya penyakit ditubuh pasien namun menurut paranormal hal itu disebabkan santet yang dikirimkan tetangganya. Perbedaan terkadang begitu tampak dalam menangani pengobatan, seperti seorang pasien yang terkena penyakit rematik atau pegal – pegal. Walhasil ketika hal itu diperiksakan ke rumah sakit,  sang dokter memberikan resep obat tertentu dan melarang pasien untuk menjauhi air dan hawa dingin dimalam hari, sebab jika peraturan ini tidak diindahkan, maka dampaknya bisa fatal. Selang beberapa hari ketika pasien mencoba jalur alternatif, seorang paranormal memberi rekomendasi untuk mandi kembang 7 rupa dimalam hari di atas jam 12.00, menurut sang empunya, apa yang diderita pasien adalah jenis penyakit dalam yang hanya bisa disembuhkan melewati perpaduan zat yang ada dalam 7 bunga tersebut dengan air dingin diatas jam 12.00. Penyakit lain, semisal kencing manis tim dokter melarang mengkonsumsi makanan manis, yang berbanding balik dengan paranormal yang menganjurkan untuk membuat jenang abangmanis untuk dimakan secara rutin dan di sedekahkan pada malam jum’atnya.



Spoiler for ije:
Pertanyaan(a)

Bagaimanakah kriteria paranormal yang diperbolehkan untuk didatangi dalam rangka praktek pengobatan alternatif ?

Jawaban

Kriteria paranormal yang diperbolehkan didatangi adalah jika memenuhi persyaratan sebagai berikut:

Mantra yang digunakan dengan ayat al-Quran atau asma Allah atau kalimat yang diketahui artinya kecuali dari orang yangtsiqah (terpercaya) atau mutasyarri’ (pelaku taat syariat)Tidak meyakini mantra tersebut yang sebagai Mu-atsir (sumber penyebab kesembuhan)
Tidak mengandung syirik atau sihir yang diharamkan

Untuk itu, bagi orang yang akan berobat ke paranormal menurut pendapat dari madzhab Hanbali disyaratkan harus mengetahui sifat ‘Adalahnya dengan menanyakan tentanghaliyahnya. Namun menurut madzhab Syafi’i tidak disyaratkan, yang penting telah diketahui media pengobatannya tidak dengan cara yang diharamkan meskipun bukan dari orang yang mimiliki sifat ‘Adalah. n

Spoiler for due:
Pertanyaan(b)

Siapakah yang harus didahulukan antara anjuran maupun larangan dokter dan paranormal ketika bertentangan?

Jawaban

Ketika terjadi pertentangan antara paranormal dan dokter, maka lebih didahulukan dokter. Karena dokter menggunakan pijakan dzon atau sebab-sebab yang bersifat lahiriah. Sementara paranormal (tukang suwuk) hanya berpijak padawahm (prasangka kecil).