Pelatih timnas jepang: Indonesia banyak berkebang

Hasil gambar untuk foto timnas voli putra indonesia
Liputan6.com, Gresik - Jepang menang mudah atas Timnas Indonesia pada laga Grup E babak delapan besar Kejuaraan Voli Asia 2017. Jepang hanya mendapat perlawanan dari Indonesia pada set pertama dalam laga yang dihelat di GOR Tri Dharma, Gresik, Sabtu (29/7/2017) malam WIB.
Pelatih Timnas Indonesia Samsul Jais memainkan komposisi pemain yang berbeda pada laga Kejuaraan Voli Asia 2017 kali ini. Dia memasang Agung Seganti, Mahfud Nurcahyadi, Hernanda Zulfi, Rendy Tamimalang, Ramzil Huda, dan Aji Maulana sebagai starter.

Daya juang Indonesia pun terlihat bagus di set pertama. Buktinya, mereka hanya kalah dengan skor 23-25. Sayang, performa tuan rumah justru merosot tajam pada dua set selanjutnya. Hasilnya, Indonesia menyerah 15-25 dan 12-25.
Kekalahan itu menempatkan Indonesia sebagai juru kunci Grup E. Sedangkan Jepang menempati peringkat dua dengan tujuh poin.

"Pada set pertama, kedua tim sama-sama bermain menyerang, terutama dalam hal kecepatan. Kami sedikit terpengaruh dengan penonton, itu terjadi sesekali. Sejak set kedua, kami melakukan apa yang harus kami lakukan," kata pelatih Jepang Nakagaichi Yuichi usai pertandingan.

Meski menang dengan skor telak, Nakagaichi terkejut dengan penampilan Indonesia. Itu karena Aji Maulana dan kawan-kawan memperlihatkan perkembangan yang signifikan di setiap pertandingan.
Ya, lolos ke-8 besar Kejuaraan Voli Asia 2017 sudah menjadi pencapaian besar bagi Indonesia. Kesuksesan itu didapat setelah menjadi runner-up Grup A yang dihuni Kazakhstan, Qatar, dan Arab Saudi.

 Terlebih, kepastian jadi runner-up didapat setelah menaklukkan Qatar 3-2.
"Mereka menunjukkan perkembangan yang besar. Itu sangat mengejutkan. Saya pikir mereka memiliki masa depan yang bagus. Mereka harus bekerja keras untuk menjaga fokus. Kami pun harus bersusah payah untuk meraih kemenangan ini," papar Nakagaichi

Kini, Jepang akan melanjutkan perjuangannya untuk meraih tiket semifinal Kejuaraan Voli Asia 2017. Lawan yang harus mereka hadapi adalah Australia, penghuni posisi ketiga Grup F. Nantinya, tim yang kalah hanya akan berpeluang memperebutkan peringkat kelima.