Ingin Sukses Coba Hindari Hal-Hal Berikut Yang Hanya Akan Menghabiskan Waktumu

Ambil contoh, almarhum Steve Jobs (CEO Apple Inc) atau Bill Gates (CEO Microsoft). Mereka pun sama dengan kita. Sama-sama mempunyai 24 jam sehari. Namun mereka bisa menghasilkan jauh lebih besar dan lebih banyak daripada kita.

Apa rahasia mereka? Dari banyak artikel yang mengulas kehidupan mereka ternyata dapat ditarik satu kesimpulan bahwa mereka mempunyai pola yang bagus utk menunjang kesuksesan mereka.
Apa saja polanya? Pada intinya, mereka hanya melakukan hal hal yg mempunyai pengaruh atau kontribusi positif untuk masa depan mereka.

Mereka melatih skillnya setiap hari sehingga semakin baik. Mereka senantiasa berolahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugarannya. Dan juga mereka rajin membaca untuk memperluas wawasan mereka.

Mereka tidak melakukan hal hal yang membuang buang waktu mereka. Misalnya, mengunyah permen karet. Capek mengunyahnya,bikin rahang pegal, tapi nggak bikin Ente kenyang.

Quote:Bersosialisasi itu penting gan. Interaksi lewat BBM, FB, WA group, semua nya nggak salah. Kita tetap perlu untuk berinteraksi dengan teman teman dan sahabat dekat. Berinteraksi dengan orang orang disekitar kita, semua perlu kita lakukan.

Namun satu hal yang mesti kita ingat adalah apa niat kita dengan semua itu.
Cobalah bertanya pada diri kita sendiri, (kebanyakan kita jarang melakukannya ) kenapa ane melakukan hal ini, apa manfaatnya buat ane? Jika kita semakin menyadari akan hakikat kehidupan kita, maka kita pun akan terhindarkan dari hal hal yang sifatnya hanya membuang waktu kita. Dengan begitu, kita jadi lebih fokus pada hal hal yang berarti untuk masa depan kita

Quote:Hal hal dibawah ini seringkali kita lakukan,
namun tanpa kita sadari bahwa hal tersebut hanya membuang waktu saja


1. Berusaha Keras Untuk Menghindari Masalah
Quote:Kebiasaan Yang Tanpa Kita Sadari Hanya Membuang Waktu Saja
Coba agan bayangkan, di depan Ente ada selokan kecil yang harus ente lewati. Ente merasa sulit untuk melewati selokan tersebut. Ente nggak mencoba untuk melewatinya, namun justru berjalan mondar mandir dari satu ujung ke ujung yang lain. Sejauh apa pun Ente berjalan,jika ente nggak mencoba melewati selokan tersebut, Ente nggak akan pernah sampai di seberang.
Demikian halnya dengan masalah. Masalah ada untuk dihadapi,bukan dihindari. Ente bisa lari dari masalah namun masalah akan tetap ada. Dan pada akhirnya Ente akan lebih susah untuk menyelesaikannya saat lelah menghadapinya. Ingat gan/sist,waktu ente sangat berharga.


2. Membicarakan Emosi, Bukan Solusi
Quote:Kebiasaan Yang Tanpa Kita Sadari Hanya Membuang Waktu Saja
Mengeluarkan emosi itu penting dan merupakan hal yang wajar. Mengeluarkan emosi adalah hal yang manusiawi, namun yang terpenting adalah apa keinginan kita.
Apakah agan terbiasa meluapkan emosi secara berulang ulang,tanpa memikirkan penyelesaiannya? Hal ini seperti membuang hal negatif sementara. Karena kita belum menemukan solusinya,maka hal negatif tersebut akan kembali karena akar masalahnya masih ada.
Daripada sekedar meluapkan emosi, menyadari bagaimana dan mengapa emosi itu ada akan membuat ente lebih mudah memahaminya. Dengan memahami mengapa bisa terjadi akan membuat ente menemukan apa dan bagaimana mengubah tindakan Ente.
Mengeluarkan emosi secara konstruktif,dapat membantu orang lain lebih memahami ente. Namun ya g terpenting adalah mengambil tindakan untuk merubahnya. Jika tidak ya Ente akan menjadi kaset rusak yang diputar berulangkali.


3. Berdebat Untuk Mencari Kemenangan
Quote:Kebiasaan Yang Tanpa Kita Sadari Hanya Membuang Waktu Saja
Agan mencoba untuk menyelesaikan sebuah masalah di tempat kerja Ente. Agan merasa ide agan adalah yang terbaik. Saat beberapa rekan kerja merekomendasikan solusi lain, Ente bersikukuh bahwa ide agan adalah yang terbaik.
Berdebat selama beberapa jam sampai pada akhirnya rekan kerja Ente menyerah dan kehilangan minat untuk membahasnya. Pada saat itu mungkin agan memenangkan ide Ente,namun disisi lain ente kehilangan respek dari tema kerja.
Seiring bertambahnya usia, kita akan menyadari bahwa tidak selalu ada jawaban benar dan salah. Setiap orang punya sudug pandang berbeda dan suatu masalah bisa dilihat dari banyak sisi.
Berdebat tidak ada gunanya jika Ente hanya mau melihat sisi Ente sendiri tanpa mau mempertimbangkan orang lain. Pada akhirnya hanya ego yang berbicara dan bisa jadi hanya akan membuat orang lain terluka perasaannya.


4. Terlalu Khawatir Akan Suatu Hal
Quote:Kebiasaan Yang Tanpa Kita Sadari Hanya Membuang Waktu Saja
Mengkhawatirkan sesuatu yang belum terjadi, ibarat Ente memakai jas hujan disaat terik matahari. Hujan tidak akan datang di musim kemarau. Rasa khawatir itu sesuatu yang normal. Namun terlalu berlebihan rasa khawatir hanya akan membuat Ente panik dan cemas. Hal ini justru akan memperburuk keadaan.
Misalnya, saat ada isu akan adanya perampingan karyawan. Agan mulai menduga duga bahwa Ente akan dirumahkan dan kehilangan pekerjaan. Hal ini akan membuat Ente sakit karena hanya memikirkan isu yang belum tentu kebenarannya. Belum ada yang dipecat dan belum tentu hal itu jadi kenyataan.
Rasa khawatir yang masuk akal akan membantu Agan menyiapkan solusi jika kondisi yang tidak diiinginkan terjadi. Jadi, jangan khawatir yang berlebihan ya gan sist.

5. Bertahan Dengan Orang Yang Salah
Quote:Kebiasaan Yang Tanpa Kita Sadari Hanya Membuang Waktu Saja
Mempertahankan hubungan dengan orang yang salah, ibarat memberi kan rumput untuk makanan kucing. Tidak peduli seberapa banyak yang Ente coba berikan, orang lain tidak akan pernah mengambilnya. Dan yang paling menyedihkan, Ente nggak akan pernah bisa membuat mereka bahagia karena bukan Ente yang mereka inginkan.
Pasangan hidup ente mungkin telah hilang minatnya. Dia lebih banyak asyik dengan medsos nya daripada Ente. Saat agan/sista menyadarinya, ente mungkin akan berusaha menjadi orang lain, orang yang ada di medsos pasangan ente. Hal ini justru akan lebih memperburuk keadaan,karena ente kehilangan jati diri dan akan jadi orang yg berbeda di mata pasangan.


6. Membuat Orang Lain Terkesan
Quote:Kebiasaan Yang Tanpa Kita Sadari Hanya Membuang Waktu Saja
Saat pertama kali bertemu atau berkenalan dengan orang baru,Ente mencoba membuat mereka terkesan dengan agan/sista. Ente merasa setuju dengan hal hal yang menjadi ide atau pun kebiasaan mereka.
Hati hati gan,sist. Bisa jadi hal ini akan membuat mereka kehilangan minatnya.
Agan nggak akan bisa membuat semua orang senang dan tidak ada gunanya menyenangkan semua orang. Semakin banyak orang yang agan buat senang,akan semakin banyak orang yang mengecewakan ente. Membuat senang satu orang bisa jadi akan mengecewakan orang lain.
Fokus pada diri ente sendiri gan,sist. Buatlah diri agan/sista menjad lebih baik lagi. Hal ini lah yang akan mengundang orang lain tertarik pada kita.

Waktu kita terbatas dana merupakan aset yang paling berharga.
Pastikan kita melakukan hal hal positif yang akan berpengaruh di masa depan kita


Demikian thread sederhana Ane gan/sist.
Semoga Ente bisa menghindari hal hal diatas karena hanya akan membuang waktu Agan dan Sista.
Marj jadikan hidup kita lebih baik,dengan hanya melakukan hal hal positif yang berpengaruh untuk masa depan kita