Mana Yang Lebih Canggih Samsung Galxy Note 8 atau I Phone X

Samsung Galaxy Note 8 vs I phone x
Quote:

Apple baru saja memperkenalkan iPhone X yang disebut-sebut sebagai penanda kiprah iPhone selama satu dekade terakhir. Perusahaan asal Cupertino itu pun menyematkan sejumlah fitur andalan di smartphone ini.

Samsung Galaxy Note 8 vs I phone x

Salah satunya adalah dukungan dual optical image stabilization (OIS) di kedua lensa utamanya, yang masing-masing berfungsi sebagai lensa wide angle dengan bukaan f/1.8 dan tele dengan bukaan f/2.4.

Sistem serupa sebenarnya sudah digunakan Samsung Galaxy Note 8. Kamera utama perangkat ini terdiri dari satu lensa wide bukaan f/1.7 dan lensa tele bukaan f/2.4. Lantas, bagaimana dengan kemampuan kamera antara dua produk andalan tersebut?

Di atas kertas, kedua kamera sebenarnya memiliki kemampuan yang tak berbeda jauh mengingat spesifikasi bukaan yang diusung masing-masing lensa. Baik iPhone X dan Galaxy Note 8 juga sudah mendukung kemampuan optical dan digital zoom.

Kamera iPhone X memiliki kemampuan digital zoom hingga 10x untuk foto dan 6x untuk video. Sementara Note 8 mampu melakukan optical zoom 2x dan digital zoom 10x. Berbekal kemampuan tersebut, kedua kamera dapat mengambil gambar dari jarak jauh

Lalu, untuk kebutuhan pengambilan gambar dengan modus portrait, keduanya juga sudah melakukan hal tersebut. Samsung menyebut kemampuan ini sebagai Live Focus, sedangkan Apple memanggilnya sebagai Portrait Mode.

Kemampuan ini memungkinkan pengguna mengambil gambar objek dengan efek depth-of-field atau yang biasa disebut sebagai efek bokeh dengan latar belakang yang buram.

Khusus untuk Galaxy Note 8, Samsung memungkinkan pengguna mengatur tingkat blur atau fokus di belakang objek seperti cara kerja kamera DSLR.

Adapun Apple membenamkan kemampuan Portrait Lighting yang memungkinkan pengguna mengatur pencahayaan. Fitur ini mengombinasikan software dan kemampuan hardware, termasuk pemetaan wajah untuk menciptakan beragam efek.

Melihat kemampuan dan spesifikasi yang diusung, kedua perangkat sebenarnya memiliki kemampuan yang hampir setara. Akan tetapi, dibutuhkan pengujian lebih lanjut untuk mengetahui kemampuan masing-masing perangkat.



Diketahui, iPhone X akan mulai dibuka pemesanannya pada 27 Oktober 2017 dan mulai diedarkan di beberapa negara pada 3 November 2017 dengan harga termurah US$999 atau Rp 13 juta.

Seperti biasa, perusahaan rintisan mendiang Steve Jobs ini menawarkan iPhone X dengan dua varian memori internal. Kali ini, iPhone X hanya menghadirkan dua pilihan, yakni 64GB dan 256GB.

Untuk iPhone X versi 64GB dibanderol harga US$999 atau sekitar Rp 13 juta, sedangkan untuk versi 256GB dibanderol harga US$1149 atau sekitar Rp 15 juta.

Sekadar informasi, iPhone X hadir dengan teknologi Super Retina untuk layar smartphone berdiagonal 5,8 inci dengan konsep desain layar OLED berbingkai tipis.

Dalam hal kemampuan hardware, iPhone X dipersenjatai chip A11 Bionic berbasis Neural Engine yang diklaim memiliki kemampuan lebih baik dari generasi sebelumnya.

Mengingat hadir dengan desain nyaris tanpa bingkai, tombol Home pun absen di perangkat anyar ini. Karena itu, Apple mengubah navigasi di iPhone X dengan lebih banyak memanfaatkan sapuan di layar.

"Untuk membuka perangkat, kamu cukup mengusap layar ke atas. Begitu pula saat ingin berganti aplikasi, kamu cukup mengusap layar ke atas dan tampilan akan kembali ke halaman depan," ujar Senior Vice President of Worldwide Marketing Apple, Phil Schiller saat peluncuran iPhone X.

Untuk Samsung Note 8 sendiri pihak Samsung baru saja memperkenalkan Galaxy Note 8 pada 23 Agustus 2018 di New York, Amerika Serikat.

Menjadi penerus Galaxy Note 7, smartphone terbaru milik perusahaan asal Korea Selatan ini hadir dengan layar AMOLED berukuran 6,3 inci.

Selain itu, Galaxy Note 8 memiliki tingkat kecerahan (brightness) 22 persen lebih tinggi dari Galaxy S8 yang dinilai sebagai keunggulannya.

Samsung Galaxy Note 8 vs I phone x

Dijelaskan, layar Galaxy Note 8 memiliki tingkat brightness maksimal hingga 1.200 ntts (satuan unit untuk mengukir intensitas cahaya). Sementara, Galaxy S8 hanya mencapai 1.000 nits.

Spesifikasi


Samsung Galaxy Note 8

Device type OS Android (7.1)

Dimensions 6.40 x 2.94 x 0.34 inches (162.5 x 74.8 x 8.6 mm)

Weight 6.88 oz (195 g)

Features Iris scanner, Fingerprint (touch), Stylus

Rugged Water, Dust resistant Water,

IP certified IP 68

Colors Black, Gray


Apple iPhone X

OS iOS (11.x)

Dimensions 5.65 x 2.79 x 0.30 inches (143.6 x 70.9 x 7.7 mm)

Weight 6.14 oz (174 g)

Materials Main body: Glass; Accents: Stainless steel

Rugged Water, Dust resistant

IP certified IP 67

Colors Gray, Silver




Jadi kalian pilih Iphone X atau Samsung note 8 guys ??