Spanyol Jungkalkan Italia Dengan Skor Telak 3-0

 Spanyol Hempaskan Italia 3-0
SRIPOKU.COM-Duel klasik antara Spanyol dan Italia memang menghadirkan beberapa kejutan. Namun Spanyol kerap di atas angin.
Kali ini dalam pertemuan Minggu (3/9) dini hari WIB.. Dua gol dari Isco berkontribusi membawa Spanyol sukses mengungguli Italia 3-0 dalam lanjutan laga kualifikasi Piala Dunia 2018.
Kemenangan ini makin memantapkan Spanyol di puncak klasemen Grup G dengan raihan 19 poin dari tujuh laga. Sedangkan Italia tetap berada di posisi kedua dengan raihan 16 poin, atau hanya unggul satu dari Albania di posisi tiga.
Dalam laga yang penuh gengsi ini, Tim asuhan Julen Lopetegui itu menampilkan starting XI tanpa penyerang murni. Ia memainkan Isco sebagai false nine, dan keputusan tersebut nampaknya sukses membuat pertahanan Italia goyah. Bintang muda Real Madrid Marco Asensio juga dipercaya menjadi starter di laga ini.
Sejak kick off Spanyol sudah membara. Dalam laga yang berlangsung di Santiago Bernabeu tersebut Spanyol mampu terus menguasai bola, sementara Italia yang berjuang keras merebutnya justru kerap melakukan pelanggaran. Pada menit ke-4 Marco Verratti telah mendapatkan kartu kuning dari wasit asal Belanda Bjorn Kuipers.
Spanyol pun bisa memecah kebuntuan setelah bek Italia Leonardo Bonucci mendapatkan kartu kuning karena melakukan tekel keras di area dekat kotak penalti.
Melalui tendangan bebas yang sukses dieksekusi dengan sempurna oleh Isco pada menit ke-13, tim tuan rumah mampu unggul. Tendangan keras gelandang Real Madrid itu mampu melewati pagar betis dan tak dapat dijangkau oleh sang kiper veteran Italia Gianluigi Buffon.
Itu merupakan gol tendangan bebas yang pertama dari Isco untuk timnas Spanyol. Ia menciptakannya dalam percobaan kedua.
Tertinggal satu gol Italia mulai membalas serangan. Pada menit ke-22 Andrea Belotti menyundul umpan silang dari Matteo Darmian, namun bola masih bisa diselamatkan dengan cemerlang oleh kiper Spanyol David de Gea.
Memasuki menit ke-40 Spanyol berhasil menggandakan keunggulannya. Isco kembali berhasil membobol gawang Buffon. Ia menerima operan dari Andres Iniesta sebelum melepaskan tendangan mendatar dari area luar kotak penalti Italia.
Hingga 45 menit pertama berakhir tidak ada lagi gol yang tercipta. Terakhir kali Italia mengakhiri babak pertama dengan ketertinggalan dua gol terjadi pada final 2012, kala itu mereka menghadapi lawan yang sama, Spanyol.
Saat para pemain menuju ruang ganti usai babak pertama berakhir nama Isco pun terus diteriakkan oleh para suporter yang hadir di Santiago Bernabeu.
Di babak kedua situasi tidak banyak berubah. Spanyol masih berupaya untuk terus menguasai bola.
Italia yang ingin mengejar ketertinggalan tidak tinggal diam, tim asuhan Giampiero Ventura itu beberapa kali mencoba melakukan serangan namun tak kunjung membuahkan hasil.
Akan tetapi Spanyol justru mampu melakukan serangan balik dan menciptakan gol ketiganya di laga ini pada menit ke-77. Sergio Ramos yang berlari ke arah pertahanan Italia melepaskan umpan silang yang kemudian berhasil dituntaskan oleh Alvaro Morata di mulut gawang.
Kemenangan ini membuat Spanyol unggul tiga poin dari Italia di grup G dengan tiga laga lagi yang tersisa.
Spanyol juga berhasil memperpanjang catatan tak terkalahkannya di ajang kualifikasi Piala Dunia menjadi 60 laga. Mereka mampu 47 kali menang dan imbang 13 kali.
Sementara bagi Italia ini merupakan kekalahan pertama di ajang kualifikasi Piala Dunia setelah melewati 33 laga. Sebelumnya mereka mampu menang 23 kali dan sisanya berakhir imbang.
Di laga berikutnya Spanyol akan menghadapi juru kunci grup Liechtenstein, sementara Italia akan menjamu Israel pada Rabu (6/9) dini hari WIB.
Susunan Pemain
Spanyol: David De Gea, Sergio Ramos, Gerard Pique, Jordi Alba, Daniel Carvajal, Andres Iniesta (Alvaro Morata '72), David Silva, Sergio Busquets, Isco Alarcon (David Villa '89), Koke, Marco Asensio (Saul Niguez '78)
Italia: Gianluigi Buffon, Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci, Matteo Darmian, Leonardo Spinazzola, Daniele De Rossi, Antonio Candreva (Federico Bernardeschi '70), Marco Verratti, Ciro Immobile (Manolo Gabbiadini '78), Lorenzo Insigne, Andrea Belotti (Eder '70)