Yuk Nostalgia Dulu 5 Jenis Gundu Dan Berbagai Cara Memainkannya

Gundu atau kelereng adalah salah satu permainan favorite anak laki-laki dijamannya, biasanya nih gan selepas pulang sekolah, makan, ganti baju, tak jarang kita langsung mempersiapkan gundu-gundu atau kelereng yang akan dibawa di arena permainan,..ada yang bawa kantong kresek, toples, kaleng biskuit, wah buat apa tu gan? ada yang tahu?betul gan,..itu semua buat wadah penyimpanan gundu termasuk modal awal dan gundu hasil menang dari permainan tadi.

Quote:Cara mainnya sendiri sebetulnya banyak cara, bagaimana rules atau kesepakatan bersama tiap pemain aja. Ada yang main buat lingkaran, ada yang main tektokan, atau tebak jumlah gundu, dimana yang kalah diharuskan merelakan gundunya untuk diberikan kepada si pemenang. Eits jangan lupa, biasanya para pemain punya gundu gacoan loh, ayo masih inget ga nih gan, gundu yang kaya gimana sih yang sering jadi gacoan agan? Nah berikut adalah beberapa 5 jenis gundu versi adul (anak-jadul), cekidots gan :

Quote:1. Gundu Gabem

5 Jenis Gundu & Istilah Yang Ada Didalam Permainannya Versi Adul (Anak-Jadul)

Untuk gundu jenis ini biasanya punya warna dasar mirip warna susu, maka dari itu ga jarang disebut gundu susu, kalo ane sendiri kurang suka ane jadiin gacoan nih gan, ngeliat warnanya agak berat gitu soalnya buat disentil.


Quote:2. Gundu Biasa.

5 Jenis Gundu & Istilah Yang Ada Didalam Permainannya Versi Adul (Anak-Jadul)

Nah untuk gundu jenis ini paling banyak ditemukan, umumnya banyak dijual, dan digunakan oleh pemain, karena dari sisi harga agak lebih murah dibandingkan jenis gundu lainnya.


Quote:3. Gundu kristal

5 Jenis Gundu & Istilah Yang Ada Didalam Permainannya Versi Adul (Anak-Jadul)

Ini jenis gudul paling istimewa menurut ane gan, warnanya yang mengkilat, legam, bersinar, membuat mata lapar untuk bisa memilikinya, dari sisi harga memang agak lebih mahal dibandingkan lainnya, dan ini adalah salah satu gundu gacoan ane nih gan.


Quote:4. Gundu peyang

5 Jenis Gundu & Istilah Yang Ada Didalam Permainannya Versi Adul (Anak-Jadul)

hehehe, untuk jenis gundu ini paling ngeselin, apalagi ini gundu kita dapat dari hasil menang, kerasa dikasih barang cacat.


Quote:5. Gundu Bopak

5 Jenis Gundu & Istilah Yang Ada Didalam Permainannya Versi Adul (Anak-Jadul)

Nah untuk jenis ini bisanya hasil kena sentil dengan kekuatan super power ya gan dari lawan main kita, agak sedih kalo gundu gacoan kita yang ke-hajar, dah pasti harus siap-siap cari pengganti gundu yang sepadan.


Kalo tadi kita bahas jenis gundunya, sekarang yang ga kalah penting adalah istilah-istilah yang dipakai dalam permainan gundu nih gan, dan inilah 4 istilah yang umumnya dipakai :


  • Srik: Menggeser gundu gacoan sedikit saat si gundu gacoan dalam posisi yang tidak memungkinkan untuk disentil.
  • Stand: Hampir sama dengan srik, tapi menggunakan fasiltas dengkul kamu sebagai pengganti alas. Dengan stand berarti posisi menyentil kamu jadi lebih tinggi.
  • Gape: Akurasi sentilan yang luar biasa. Dari jarak sejauh apapun bisa mengenai sasaran
  • Bopak/Boncel/Bopel: Gundu yang udah rusak permukaannya karena sering beradu dengan gundu lain


Quote:Nah gimana gan, Semoga dengan info diatas bisa membuka kembali ruang nostalgia masa kecil ya gan, Sampai jumpa di kesempatan yang lain ya...

5 Jenis Gundu & Istilah Yang Ada Didalam Permainannya Versi Adul (Anak-Jadul)



BONUS : Begini Nih gan Cara / Proses pembuatan Gundu
youtube-thumbnail

Quote:Punya Info Seputar Gundu lainnya, Monggo di komen aja ya gan...
Quote:
Stik: Ukuran jarak sejengkal tangan antara gacoan ente vs gacoan lawan, ente otomatis matiin gacoan lawan tanpa harus nembak gacoan lawan. Tapi kalo stik antara gacoan ente dan gundu pasangan (bbrp gundu yg ada dlm lingkaran) ente wajib nembak abis/ngeluarin semua gundu pasangan yg ada dlm lingkaran kalo ada 1 aja nyisa, ente mati. Tapi di bbrp RT kadang stik antara gacoan ama gundu pasangan bisa jadi rejeki alias isi gundu pasangan boleh ente ambil semua.....beda daerah bisa beda aturan.

Btw kalo gundu putih susu dulu ane N kawan2 biasa nyebutnya Gundu Kabom, kalo yg kristal Gundu Planet/Gundu Pilok (biasa dapet di dalem cat semprot/pylox)


Quote:Original Posted By m00n2718
agak beda ama daerah ane tapi sama maknanye,
kalo tempat ane ada istilah
ETRET untuk menggeser,
GACOOK sebutan untuk gundu yang jadi senjata utama
POT sebutan gacok lawan yang masuk area terlarang
GONTOK istilah untuk pemain yang licik dengan cara melempar gundunya bukan dengan menyentil gundu
TEBIT istilah gacook yang pas tepat digaris kalo maen garisan dan dapat kesemptan pertama untuk menembak

jenis permainannya ada TIMUNAN, GARISAN, ULAR-ULARAN, LOBANGAN