Alasan Mengapa Lagu Jadul Lebih Bermanfaat Di Bandingkan Dengan Lagu Sekarang

Ini Alasan Lagu Jadul Lebih Bermanfaat, Daripada Lagu Kekinian
Quo

Ini Alasan Lagu Jadul Lebih Bermanfaat, Daripada Lagu Kekinian

Kamu pasti sering berkecil hati karena dianggap nggak gaul sama teman-temanmu atau kamu malah bingung mau berbagi pengetahuan musik dengan siapa karena rata-rata yang ada di playlist musik temanmu cuma ada lagu-lagu kekinian aja. Eits, jangan minder dulu! Suka musik jadul bukan berarti kamu cupu dan nggak gaul. Sebenarnya lebih banyak manfaat lagu lawas daripada lagu hits kekinian di sisi mental.

Lagu sekarang banyak yang hanya memiliki unsur cinta saja, kesenangan dan hiburan semata. Bukan sebagai renungan dan untuk pelajaran hidup, itulah sisi keren lagu lawas yang gak dimakan zaman.


Yuk Cekidot Gan..

Quote:Dengerin lagu-lagu lawas membuat kamu lebih belajar banyak hal

Ini Alasan Lagu Jadul Lebih Bermanfaat, Daripada Lagu Kekinian

Rasa penasaranmu tentang karya-karya musisi legendaris favoritmu selalu ngebuat kamu searching tentang diskografi album mereka. Saat kamu searching, nggak sengaja kamu ngebaca biodata musisi favorit kamu, mulai dari awal karier hingga kematiannya juga situasi yang terjadi pada era itu.

Misalnya, nih, kamu suka Elvis Presley, secara nggak langsung kamu menggali informasi tentang sejarah rock n’ roll dan kondisi dunia pasca Perang Dunia II. Contoh lainnya, saat kamu ngebaca biografi The Beatles, eh, ternyata kamu jadi tahu kalo The Beatles itu temenan sama Muhammad Ali pas masa-masa kejayaannya sang petinju. Kamu juga jadi tahu kronologis tewasnya John Lennon yang tragis gara-gara ditembak[/spoiler]


Quote:Bukan Hanya Cinta-cintaan, Tapi Seluruh Sisi Kehidupan Ada

Ini Alasan Lagu Jadul Lebih Bermanfaat, Daripada Lagu Kekinian

Lagu-lagunya bang Iwan Fals emang sering banget ngeributin soal masalah politik dan sosial yang lagi booming pada era itu. Di saat lagu-lagu kekinian yang lebih ngegalauin status jomblo, putus cinta, dan konflik sama pacar, lagu-lagu Iwan Fals justru berisikan potret nyata kehidupan sehari-hari termasuk mengedepankan kondisi rakyat kecil. Hal itulah yang ngebuat sebuah lagu bener-bener menjadi sarana yang menginspirasi generasi muda untuk bangkit dan nggak apatis sama keadaan di sekitar kita. Selain lagu-lagunya Iwan Fals, lirik puitis yang dinyanyiin sama Om Ebiet G. Ade juga selalu berhasil bikin baper tiap kali kita ngederin lagu-lagunya. Siapa yang nggak bakal baper coba sama lirik yang satu ini :

“Kawan coba dengar apa jawabnya

Ketika di kutanya mengapa

Bapak ibunya tlah lama mati

Ditelan bencana tanah ini”



Quote:Bukan Cuma Modal Tampang, Mereka Beneran Bertalenta Gan..

Ini Alasan Lagu Jadul Lebih Bermanfaat, Daripada Lagu Kekinian

Kamu bakalan nggak bisa ngebayangin gimana susahnya jadi penyanyi di zaman dulu. Seorang penyanyi dituntut untuk beneran punya talenta dan kualitas yang oke punya. Well, masuk akal juga sih, soalnya ‘kan di zaman dulu belum ada teknologi yang bener-bener canggih kayak zaman sekarang. Kalo zaman sekarang, meskipun suara kamu pas-pasan, asalkan punya tampang cakep aja itu udah ngejual karena adanya teknologi seperti autotune maupun lypsing yang canggih itu tadi. Zaman dulu, kalo kamu mau nyoba jadi penyanyi tapi suara kamu kebetulan pas-pasan, udah pasti kamu bakalan langsung didepak sama perusahaan rekaman, guys.

Dengerin aja suara emas vokalis grup ABBA ini. Duo vokalis cewek ini emang cakep abiss nyaris kayak Barbie, tapi suara mereka beneran kayak suara malaikat karena saking bagusnya harmonisasi yang mereka ciptakan.



Quote:Bikin Kamu Kangen Masa Kecil

Ini Alasan Lagu Jadul Lebih Bermanfaat, Daripada Lagu Kekinian

Nggak bisa dipungkiri kalau hanya dengan mendengarkan musik aja bisa membawa imajinasimu melayang kemana-mana. Nah, berhubung kamu suka banget ngedengerin lagu-lagu hits di era lampau, secara nggak langsung imajinasimu pun akan terbawa ke zaman-zaman dimana musik rock n’ roll adalah genre musik “kebangsaannya” kaum ABG.

Dimana Elvis Presley adalah King of The King dan The Beatles adalah King of Boyband (cakep-cakep sih soalnya, he-he-he). Kamu bisa ngebayangin gimana histerianya kaum muda-mudi zaman dulu terutama teriakan cewek-cewek yang membahana (istilahnya sekarang tuh fangirling) tiap kali ngeliat idola mereka tampil. Justin Bieber sama One Direction mah lewat! Apalagi boyband Korea, jauh banget. Jujur aja, nggak akan pernah ada penyanyi cakep yang bisa nandingin pesona Elvis maupun The Beatles, because they’re legends!


Quote:Membentuk Kepribadian Yang Lebih Dewasa

Ini Alasan Lagu Jadul Lebih Bermanfaat, Daripada Lagu Kekinian

Perkembangan kepribadian seseorang juga memengaruhi dan dipengaruhi oleh jenis musik yang didengar. Jika waktu kecil kita suka mendengarkan lagu-lagu anak-anak, waktu sudah besar kita pun akan memilih sendiri jenis musik yang kita sukai. Pemilihan jenis musik yang disukai bisa dibilang membantu kita untuk memberikan nuansa hidup yang kita butuhkan.

Jadi genre lagu dapat menebak dan membentuk kepribadian kamu. Contoh kamu menyukai genre rock, Kepribadian kamu umumnya punya jiwa kreatif dan santai. Dan Rap, Kamu berjiwa seni, kreatif, suka menciptakan hal luar biasa, mempunyai harga diri, serta kepercayaan diri yang tinggi.