Tempat Wisata Terbaik Di Bangka Belitung

Pantai dan Pulau yang HARUS Agan Kunjungi Saat ke Belitung
Laskar pelangi
Takkan terikat waktu
Bebaskan mimpimu di angkasa
Warnai bintang di jiwa


Pasti pada tau lagu ini kan? Yes, sejak novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata ini meledak di pasaran, bahkan sampai diangkat ke layar lebar, Belitung pun jadi mendadak terkenal sebagai destinasi wisata baru.

Belitung ini letaknya juga nggak jauh banget dari Jakarta, tempat tinggal ane gan, cuma sekitar 1 jam naik pesawat. Weekend getaway ini ane mau manfaatin buat ke Belitung, Negeri Laskar Pelangi nih gan. Cekidot itinerary yang lagi ane buat gan:

Quote:Hari Pertama:

- Flight dari CGK ke Bandara Hanadjoeddin Tanjung Pandan, Belitung

- Sampai di Belitung, ane langsung janjian sama orang yang sewa motor (Rp 75ribu/ 24 jam). Cuss ane langsung ke hotel buat check in dan langsung lanjut ke beberapa destinasi yang udah ane catat gan.

Danau Kaolin

Pantai dan Pulau yang HARUS Agan Kunjungi Saat ke Belitung
Foto: liputan6.com


Cantiknya air danau yang berwarna biru toska ini ternyata dulunya areal bekas pertambangan gan. Area ini ternyata adalah bekas galian timah yang sekarang udah terisi air dan jadi danau. Instagrammable abis buat dipost ke IG nih! Lokasinya juga deket dari pusat kota, cuma 15 menitan aja.

Replika SD Muhammadiyah Gantong

Pantai dan Pulau yang HARUS Agan Kunjungi Saat ke Belitung
Foto: bansaitour.com

Ngehits berkat film Laskar Pelangi, ternyata SD Muhammadiyah yang banyak didatangi wisatawan ini adalah replika yang emang dibuat khusus untuk film Laskar Pelangi. Cuma butuh waktu sekitar 2 jam buat sampai ke sini dari pusat kota gan.

Pantai Tanjung Kelayang

Pantai dan Pulau yang HARUS Agan Kunjungi Saat ke Belitung
Foto: Pixoto

Destinasi wisata terakhir yang ane datengin hari ini gan dan emang ane jadwalin sore-sore karena pantai ini terkenal dengan sunset alias matahari terbenam yang cantik banget. Bukan hanya sunset, di pantai ini juga ada batu-batu besar yang Belitung banget!

Quote:Hari Kedua:

Hari ini ane punya plan buat Island Hopping nih gan. Kalau pantainya aja udah cantik-cantik, jadi penasaran sama underwaternya deh.

- Berangkat dari hotel ke Pantai Tanjung Kelayang buat sewa perahu untuk island hopping
FYI gan, perahu berangkat jam 9 pagi, jadi jangan telat ya apalagi kesiangan

Pantai dan Pulau yang HARUS Agan Kunjungi Saat ke Belitung
Foto: mblusuk.com

- Sewa perahu dengan kapasitas 4-10 orang, karena ane bakal jalan sendiri, jadi akan nyari barengan supaya lebih hemat

Beberapa pulau yang ane bakal singgahi:

Pulau Gosong

Pantai dan Pulau yang HARUS Agan Kunjungi Saat ke Belitung
Foto: Inovasee

Atau Pulau Pasir ini sebenernya bukan pulau gan, tapi gosong alias tumpukan daratan dari pasir. Jadi gosong ini cuma bakal muncul pas air laut surut. Kalau lagi pasang sih gosong ini bakal tenggelam. Cantik banget deh Pulau Pasir ini.

Pulau Lengkuas

Pantai dan Pulau yang HARUS Agan Kunjungi Saat ke Belitung

Foto: Belitung Cakrawala

Pernah ngeliat banner pariwisata Belitung dan ada foto mercusuar? Ternyata mercusuar ini adanya di Pulau Lengkuas gan dan ane penasaran pengen naik ke atasnya sih. Garis pantainya tuh cantik banget dan juga banyk batu granit besar khas Belitung yang Instagrammable juga. Di sini juga nih ane bakalan snorkeling, katanya underwaternya ciamik banget!

Pulau Babi/ Pulau Kelayang

Pantai dan Pulau yang HARUS Agan Kunjungi Saat ke Belitung

Foto: wisatapulau.wordpress.com

Karena bentuk pulau ini yang memanjang dan menjorok ke tengah laut, jadi kita bisa jalan ke tengah laut gan. Apalagi pantainya punya pasir yang paling putih di antara pantai-pantai lain. Ohya di sini jadi spot buat makan siang dengan menu khas seafood yang selalu menggoda.

Pulau Batu Berlayar

Pantai dan Pulau yang HARUS Agan Kunjungi Saat ke Belitung
Foto: iyakan.com

Spot terakhir ini nih yang ane paling tunggu-tunggu. Katanya sih nama Batu Berlayar asalnya karena waktu air pasang, batuan ini seakan berlayar di tengah lautan. Kalo beruntung, katanya kita bisa lihat bintang laut di sela-sela batuan. Tapi jangan dibawa pulang loh gan.

Saat riset buat travelling, pasti banyak banget tabs di browser yang harus dibuka. Mulai dari tempat yang bakalan dikunjungin, mapsnya, hotel dan akomodasinya. Ane sih biasanya bikin dari laptop karena bakalan ribet pas nyatet sana sini lewat handphone. Enaknya sih dari laptop bisa tambah info ini itu ke notes jadi bisa ane print buat dibawa pas lagi jalan-jalan. Apalagi kalo pake HP Pavilion x360 gan yang bisa pake Active Pen (semacam Stylus) jadi bisa corat-coret langsung di layar laptop.

Kalo lagi bikin itinerary gini, ane sih jadi makin nggak sabar buat eksplor tempat baru nih gan. Agan punya rencana buat travelling dan udah punya itinerary-nya? Ini dia saat yang tepat buat dapetin hadiah cuma dengan share itinerary agan di Instagram dengan ikutan #ReinventMyStoryID Challenge oleh HP Indonesia gan!

Caranya super-gampang, hanya dengan post 1 foto di Instagram dengan caption yang menggambarkan itinerary yang agan akan lakuin selanjutnya atau agan bisa share itinerary yang udah pernah agan lakuin pas travelling. Bakalan ada hadiah super keren buat agan loh!