5 Penyakit Berbahaya Dari Tato

SRIPOKU.COM - Untuk membuat penampilan lebih menarik dan gahar, kadang cowok maupun cewek menghias tubuhnya dengan beraneka ragam gambar dengan tato.
Banyak yang beranggapan kalau tattoo artist yang melukis tubuhmu jago, bukan tidak mungkin penampilanmu akan menjadi lebih keren.
Terlepas dari tattoo artist dan penampilan, sebaiknya kamu harus tahu dulu masalah yang bisa mengancam kesehatanmu di kemudian hari.
Bukankah setiap orang butuh yang namanya proteksi diri, sebelum hal yang tidak inginkan bisa terjadi.
Seperti inilah dampak buruk tato bagi kesehatan, dikutip dari berbagai sumber.
1. Bisa tumbuh bakteri Mycrobacterium chelonae pada kulit.
tato1
tato1 (IST)
via uapixmix.info
Ternyata jarum dan tinta tato bisa mengakibatkan infeksi kulit yang cukup serius.
Menurut Helen Suh MacIntosh, pakar kesehatan lingkungan di Departement of Health Sciences Northeastern mengatakan bahwa tinta tato biasanya terbuat dari partikel-partikel yang larut dalam air seperti merkuri, kadmium, timah, dan besi yang disuntikkan pada kulit untuk mendapatkan suatu gambar tertentu.
Kandungan tinta inilah yang bisa menyebabkan berbagai penyakit kulit.
Semisal infeksi mycrobacterium chelonae, yang menyebabkan ruam pada kulit dan ruam ini akan melebar seiring berjalannya waktu.
2. Pewarna pada tinta tato juga berpengaruh pada kesehatan.
Tato2
Tato2 (IST)
via tacatattoo.com

Studi terbaru dari European Chemicals Agency (ECHA) mengemukakan bahwa pewarna dalam tinta tato juga dapat menyebabkan kanker.
Terlepas dari kanker, zat atau senyawa dalam pewarna ini yang tertimbun dalam kulit juga menimbulkan rasa gatal berkepanjangan yang cukup menyakitkan.
ECHA mengatakan bahwa tinta warna merahlah yang dianggap paling berbahaya.
Sementara tinta hijau, hitam, dan biru, memiliki kadar bahaya yang cukup signifikan.
Hal ini tidak terpengaruh dari jarum ataupun alat yang digunakan oleh tattoo artist, melainkan cuma efek dari pewarna yang digunakan.
3. Penggunaan Laser untuk menghilangkan tato pun bisa terjangkit kanker.
Tato3
Tato3 (IST)
via agelessarttattoos.com
The NCTR (National Center for Taxicological Research) menemukan fakta bahwa prosedur pengangkatan tato pada tubuh juga bisa merugikan si pemilik tato.
Untuk menghapus tato, kamu harus menggunakan laser sebagai medianya.
Dari laser ini, besar kemungkinan akan menyuplai pigmen ke kelenjar getah bening tubuh dan membuka jalan bagi sel-sel kanker untuk masuk ke dalam tubuh dan berkembang biak.

Hal ini pun diamini oleh Truth About Cancer, yang menyatakan bahwa sekitar 10 persen orang yang memiliki tato menderita reaksi yang sangat merugikan bagi tubuhnya.
Tinta ini berhasil menjadikan kulitnya gatal-gatal dan terjangkit infeksi yang entah sampai kapan bisa sembuh.
 4. Tato juga bisa menyebabkan Kutil.
Tato4
Tato4 (IST)
via thetattoohut.com
Mungkin memang terkesan sepele dan remeh. Tapi, gangguan pada kulit ini ternyata tidak bisa dipandang sebelah mata.
Kutil ini bisa menyerang kulitmu ketika kamu mengalami alergi dengan tinta yang mengendap di bawah kulitmu akibat tato.
5. Di Amerika, Hepatitis C menyerang begitu pesat setelah mereka menato dirinya.
tato5
tato5 (IST)

Berdasarkan jurnal tahun 2012, Infeksi Penyakit Medis Klinis oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika, tinta tato yang buruk bisa mengakibatkan dampak yang buruk juga bagi para konsumennya.
Penelitian yang udah dimulai dari tahun 1994 ini mendapatkan hasil bahwa tinta dan jarum tato berpengaruh pada kesehatan.

Berdasarkan jurnal tahun 2012, Infeksi Penyakit Medis Klinis oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika, tinta tato yang buruk bisa mengakibatkan dampak yang buruk juga bagi para konsumennya.
Penelitian yang udah dimulai dari tahun 1994 ini mendapatkan hasil bahwa tinta dan jarum tato berpengaruh pada kesehatan.