Belajar Sehat, Berikut Cara Mudah Untuk Membersihkan Paru Paru

- Merokok itu bisa mengganggu dan merusak kesehatan kita, terutama pada paru-paru.
Sebab, akibat dari menghisap asap dari rokok itu yang akhirnya masuk kedalam paru-paru.
Akan berakibat fatal kalau sampai paru-paru kita rusak dan kotor akibat dari "rokok".

Tapi sekarang masih banyak orang yang masih merokok, padahal dalam bungkus rokok itu sudah ada peringatannya bahwa merokok berbahaya bagi kesehatan.
Dan kalau paru-paru sampai rusak akibat terlalu sering merokok, hidup akan menjadi susah dan berat. Karena kesehatan terganggu. Dan juga bisa mengakibatkan "kematian".
Seperti dirilis islam21.org, bagaimana caranya dan kiat agar paru-paru bisa bersih dan kembali normal namun tidak melanjutkan kebiasaan merokok?
Namun kemudahan itu harus ditindaklanjuti dengan mengurangi merokok atau kalau bisa tidak merokok sama sekali dan mengkonsumsi 5 makanan dan minuman berikut ini.
1. Jahe
Jahe.
Jahe. (www.vemale.com)
Jahe memang identik dengan rempah-rempah atau bumbu dapur tapi bagi perokok aktif jahe sangat dianjurkan sekali, jahe mengandung zat antiseptik dan antibakteri di dalam jahe yang cukup tinggi sehingga mampu memperlancar saluran bronkial.
Dengan demikian, menghilangkan radikal bebas di paru-paru juga menjadi lebih mudah.

2. Kunyit
Kunyit atau Kunir.
Kunyit atau Kunir. (www.acemaxsmalang.com)
Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah alami yang memiliki sejuta manfaat, antara lain manfaat kunyit untuk pencernaan.
Dengan warna kuningnya yang khas, kunyit biasa dijadikan bumbu penyedap masakan serta ramuan dalam teh herbal, Rempah yang mirip jahe mampu meringankan peradangan pada paru-paru.
Kunyit mengandung zat curcumin yang berfungsi untuk menghilangkan zat penyebab kanker paru-paru.
3. Bawang Putih
Bawang putih.
Bawang putih. (manashpazam.com)
Walau banyak orang mengkhawatirkan efek samping bawang putih yang dikonsumsi terlalu sering atau banyak, sebenarnya bumbu dapur ini memberikan banyak manfaat kesehatan.
Salah satu peran pentingnya adalah sebagai pembunuh bakteri pemicu infeksi paru-paru oleh senyawa allicinnya.
Sebagai bumbu dapur berantimikroba, antiparasit, antijamur, antibakteri, antivirus serta antiprotozoa, bawang putih bagus untuk kesehatan jika dikonsumsi mentah-mentah.
4. Apel
Ilustrasi buah apel
Ilustrasi buah apel (Shutterstock)
Seperti yang kita ketahui apel banyak mengandung antioksidan dan banyak Kandungan zat flavonoid di dalamnya tergolong tinggi sehingga dapat menjadi penurun risiko kanker paru-paru pada perokok.
Zat phytochemicals juga tinggi di dalam kulit apel, maka konsumsilah beserta kulitnya; ini juga akan membantu menjadi penghambat sel kanker usus sebanyak 43 persen.
Ilustrasi
Ilustrasi (ISTIMEWA)

Yogurt, adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri.
Yogurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk sari kacang kedelai.
Produksi modern saat ini didominasi susu sapi.
Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma unik pada yoghurt.
Yoghurt tersedia dalam beraneka macam rasa, rasa alami, rasa buah, rasa vanilla, atau rasa cokelat juga populer.
Semoga dengan memakan dan minuman itu tadi bisa membantu merawat dan memulihkan paru-paru anda yang rusak akibat merokok. Silahkan mencoba dan "sukses".