Sejarah Julukan Klub Top inggris

Sejarah Dibalik Julukan 6 Klub Besar Liga Inggris
Sejarah Dibalik Julukan 6 Klub Besar Liga Inggris
>> Kesunyian Adalah Sahabat Terbaik (Reborn) <<
Quote:Tidak diragukan lagi, Premier League saat ini masih menyandang status liga terbaik dunia. Status ini didapat berkat ketatnya persaingan di mana setiap klub, bahkan klub kecil, bisa saling mengalahkan klub besar.

Pecinta Premier League sudah banyak seantero dunia. Tapi, tahukah Anda, penggila Premier League, akan sejarah dan cerita unik di balik julukan ke-20 kontestan Premier League saat ini terutama 6 klub besar yang dikenal dengan Big 6?

Contohnya seperti asal-usul di balik julukan The Blues milik Chelsea, atau The Gunners milik Arsenal. Jika Anda belum mengetahuinya, berikut ulasannya.


Spoiler for 1:
ARSENAL

Sejarah Dibalik Julukan 6 Klub Besar Liga Inggris

Dibangun sejak 1886, Arsenal merupakan tim yang mewakili kasta pekerja di Inggris karena dibangun oleh pekerja yang bekerja di Royal Arsenal, tempat senjata diproduksi dan disimpan untuk tentara Inggris. Sebelum bernama Arsenal, nama klub adalah Woolwich Arsenal.

Nama Woolwich kemudian hilang ketika klub pindah ke London Utara dari Timur Selatan London pada 1913. Julukan The Gunners sendiri muncul karena sejarah mereka yang identik dengan persenjataan, karena Gunners dalam bahasa Indonesia artinya adalah persenjataan.

Julukan itu pun semakin tepat sejak Arsenal ditangani oleh Arsene Wenger sejak 1996, karena Wenger tidak pernah kehabisan 'senjata' dalam skuatnya setiap musim berlangsung.

Spoiler for 2:
CHELSEA

Sejarah Dibalik Julukan 6 Klub Besar Liga Inggris

Saat ini Chelsea identik dengan julukan The Blues karena warna jersey mereka, tapi, julukan asli Chelsea adalah The Pensioners. Nama ini diabadikan dalam bentuk gambar di logo pertama Chelsea pada 1905, yang merujuk kepada Rumah Sakit Royal Chelsea, tempat para veteran (pensiunan) perang tinggal.

Pada akhir era 1950-an, logo Pensioners digantikan dengan singa yang terus terpampang di logo klub hingga saat ini. Gambar singa itu sendiri memiliki makna sejarah yang cukup merepresentasikan kehidupan 'mewah' kota London. Pasalnya, gambar singa di logo Chelsea terinspirasi dari gambar singa yang berada di baju tentara Metropolitan Borough of Chelsea.

Singa juga bisa diidentifikaskan sebagai raja hutan. Barangkali, Chelsea juga bisa berharap terus merajai Premier League setelah dominasi Manchester United di era Sir Alex Ferguson berakhir.

Spoiler for 3:
LIVERPOOL

Sejarah Dibalik Julukan 6 Klub Besar Liga Inggris

Jika Anda berpikir julukan The Reds muncul karena Liverpool selalu mengenakan jersey merah, maka Anda salah besar. The Reds memang identik dengan warna merah jersey Liverpool, tapi sebelum era 1960-an, Liverpool pernah bermain dengan jersey biru-putih. Jauh dari warna merah, bukan?

Namun, setelah era 1960-an, klub yang telah meraih 18 titel Premier League ini terus mengenakan warna merah.

Menurut manajer legendaris Liverpool, Bill Shankly, warna merah bisa mengintimidasi lawan. Ah, andai opini Shankly dapat menjadi kenyataan saat ini dan mengembalikan kejayaan Liverpool dengan cara mereka mengintimidasi lawan di masa lalu...

Spoiler for 4:
MANCHESTER CITY

Sejarah Dibalik Julukan 6 Klub Besar Liga Inggris

The Citizens dan Sky Blues merupakan dua julukan yang tersemat ketika membicarakan Manchester City. The Citizens merupakan kepanjangan dari nama lengkap klub, sementara Sky Blues cukup misterius asal usulnya.

Tidak ada yang tahu pasti mengapa Sky Blues muncul sebagai julukan klub. Tapi, ada satu teori menarik nama ini dipilih karena hubungannya dengan organisasi persaudaraan bernama Freemasonry. Sebelum bernama Man City, klub memiliki nama St Mark's from Gorton dan Ardwick AFC.

Spoiler for 5:
MANCHESTER UNITED

Sejarah Dibalik Julukan 6 Klub Besar Liga Inggris

Pada awalnya, klub bersejarah Inggris ini bernama Newton Heath dan memiliki julukan The Heathens, serta masih mengenakan warna hijau-emas sebagai warna klub. Julukan The Heathens diberikan karena Man United kabarnya merupakan klub Inggris pertama yang bermain di hari Minggu.

Tapi, setelah nama klub berubah dan Man United mulai mengenakan jersey warna merah, julukan mereka pun berubah menjadi Red Devils. Nama yang terinspirasi julukan klub rugby asal Salford 'Les Diables Rouges', dan kemudian oleh Sir Matt Busby diadopsi sebagi julukan klub pada era 1960-an.

Spoiler for 6:
TOTTENHAM HOTSPUR

Sejarah Dibalik Julukan 6 Klub Besar Liga Inggris

Mungkin sebagian besar publik berpikir, julukan Spurs muncul dari nama panjang Tottenham Hotspur yang disingkat dengan nama Spurs. Pemikiran itu benar adanya. Namun, ada alasan mengapa klub ini lebih memilih untuk menggunakan nama Hotspur ketimbang nama-nama yang saat itu lebih familiar seperti United, City, Rovers, atau Athletic.

Semua itu kembali pada abad 14, kala seorang ksatria bernama Sir Henry Percy, yang lebih dikenal sebagai Sir Harry Hotspur, diberi julukan berdasarkan kecepatan, keberanian, dan semangatnya saat menyerang. Keluarga Percy konon katanya juga memiliki tanah di sekitar Tottenham, sementara cerita mengenai keberanian Sir Percy diabadikan oleh William Shakespeare di Henry IV bagian I.

Nah, ketika Tottenham ingin membentuk klub sepakbola, mereka pun memberi penghargaan kepada Sir Henry Percy.

Bahkan ketika baru dibentuk, klub ini hanya bernama Hotspur FC, yang di kemudian hari diganti menjadi Tottenham Hotspur untuk menghindari klub dari London dengan nama yang sama.