Manusia Yang Berhasil Menciptakan Bahasa

Ide tentang penciptaan bahasa sendiri mungkin terdengar aneh, biasanya bahasa baru yang mereka ciptakan bertujuan untuk menggabungkan 2 penutur berbeda kedalam satu bahasa induk. Dilain pihak penciptaan bahasa baru hanya bertujuan sebagai bahan penelitian.

Lalu apa sih arti bahasa itu sendiri?

Bahasa adalah kemampuan yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya menggunakan tanda, misalnya kata dan gerakan. Kajian ilmiah bahasa disebut ilmu linguistik.

Langsung saja karena saya yakin kaskuser gak bakal tertarik dengan opening thread saya.

Inilah orang-orang yang menciptakan bahasa mereka sendiri

Bahasa aUi oleh John W. Weilgart

Spoiler for :
Orang-orang Ini Menciptakan Bahasa Mereka Sendiri
listverse.com

Bahasa aUi (dalam pengucapan a-oo-ee) diperkenalkan oleh john W. Weilgart, ia mengklaim bahwa bahasa barunya itu merupakan bahasa penuturan asli para makhluk elf, ia percaya bahwa aUi akan menggantikan bahasa asli bumi yang rumit.
Spoiler for :
Orang-orang Ini Menciptakan Bahasa Mereka Sendiri
en.wikipedia

Pada tahun 1968 Weilgart merilis sebuah buku berjudul “aUI: The Language of Space," ia berharap semua manusia beralih kebahasa aUi dan mwngganti bahasa mereka sebelum penutur asli bahasa (baca : elf) ini turun kebumi Dan para manusia bisa berbicara secara damai dengan mereka.


LINGUA IGNOTA oleh Hildegard von Bingen

Spoiler for :
Orang-orang Ini Menciptakan Bahasa Mereka Sendiri
listverse.com

Hildegard von bingen seorang komposer, dosen dan juga biarawati berkebangsaan jerman yang lahir pada tahun 1908. Dia menciptakan alfabet dan juga bahasa sendiri yang diberi nama lingua ignota. Dia menyebut Tuhan sebagai "Aigonz," malaikat sebagai "aiegenz," dan manusia sebagai "inimo."
Spoiler for lingua ignota :
Orang-orang Ini Menciptakan Bahasa Mereka Sendiri
en.wikipedia

para ahli bahasa percaya bahwa lingua ignota berbasis pada bahasa yunani dan mungkin juga cyrilig meskipun sepertinya juga dipengaruhi oleh bahasa latin dan juga jerman. Sampai sejauh ini tak diketahui alasan von bingen menciptakan bahasa ini.


BAHASA POTO DAN CABINGO oleh Grace dan virginia kenedy
Spoiler for :
Orang-orang Ini Menciptakan Bahasa Mereka Sendiri
listverse.com

Grace dan virgina kenedy adalah saudari kembar yang menciptakan bahasa mereka sendiri pada tahun 1970.
Mereka menggunakan bahasa tersebut dalam percakapan sehari-hari, awalanya sang ayah hanya menganggap bahasa tersebut sebagai gurauan dan imajinasi anak kecil.
Tapi ternyata kedua Putrinya tak mengerti bahasa lain selain bahasa mereka sendiri.

Sampai pada saat sang ayah membawa mereka ke ahli terapi wicara dan baru diketahui bahwa kedua saudara kembar tersebut menemukan bahasa baru yang hanya dimengerti oleh mereka.
Kira-kira Seperti inilah kira-kira bahasa mereka "Pinit, putahtraletungay" (Selesai, salad kentang lapar)
"Nis, Poto?" (Ini, Poto?)
"Liba Cabingoat," (makan)
"La moa, Poto?" (Disini lagi, Poto?)
"Ya" (Ya)

Para Ahli bahasa dan ahli patologi mengalami kesulitan untuk mengartikan bahasa tersebut. Butuh waktu berbulan-bulan sebelum mereka menyadari bahwa "pinit" berarti "selesai," "buda" berarti "mentega,"

Setelah di selidiki ternyata penyebab mereka menuturkan bahasa “aneh" tersebut adalah pola pengasuhan yang salah.
Selama bertahun-tahun dua saudara kembar tersebut diasuh oleh sang nenek yang jarang berkomunikasi dengan mereka. Setelah “diselamatkan" akhirnya mereka sembuh dari bahasa aneh tersebut dan bisa mengerti bahasa lain.

BAHASA ISYARAT NIKARAGUA
Spoiler for :
Orang-orang Ini Menciptakan Bahasa Mereka Sendiri
listverse.com

Bahasa Isyarat Nikaragua (ISN) adalah bahasa isyarat yang dikembangkan secara terpisah dari bahasa isyarat lainnya di Nikaragua pada tahun 1980an, ketika pemerintah revolusioner Sandinista mendirikan sekolah umum pertama untuk anak-anak tuna rungu di Nikaragua.
Tapi masalahnya disekolah tersebut tidak mengajarkan secara khusus bahasa isyarat, melainkan proses belajar mengajar menggunakan bahasa Spanyol yang tidak bisa dimengerti oleh para siswa. Hingga pada akhirnya seorang siswa menciptakan bahasa isyarat sendiri sebagai rujukan penyebutan suatu objek maupun aktivitas umum.

Bahasa itu tidak diajarkan oleh Pemerintah, namun tumbuh secara alami dari komunikasi antara siswa dengan guru mereka.

LOGLAN JAMES COOK BROWN
Spoiler for :
Orang-orang Ini Menciptakan Bahasa Mereka Sendiri
listverse.com

Bahasa loglan (logic language) diciptakan oleh james cook brown pada tahun 1955. Pada awalnya Tujuan dari penciptaan bahasa loglan adalah untuk menguji kebenaran dari hipotesis sapir whorf (hipotesis sapir whorf adalah sebuah pernyataan dalam teori linguistik relativitas yang mengatakan bahwa ada hubungan kuat antara bahasa, budaya, dan pikiran seorang penutur.) dengan kata lain, bahasa sangat berpengaruh dalam pencapaian maksimal yang bisa diraih si penutur.

Loglan tak sama dengan bahasa inggris yang memiliki tingkat ambigu, maksudnya kata atau pengucapan yang sama namun dengan arti yang berbeda seperti “ice cream" dan “i scream"
semua kata loglan selalu diakhiri dengan konsonan. KURANG PAHAM?? APALAGI SAYA


BAHASA LOJBAN
Spoiler for :
Orang-orang Ini Menciptakan Bahasa Mereka Sendiri
en.wikipedia

Lojban adalah pengembangan dari bahasa loglan. Didirikan oleh LLG logical language group pada tahun 1997. Lojban sendiri adalah penyempurnaan dari bahasa loglan. Dasar Lojban adalah 1.350 kata, yang diambil LLG dari bahasa China, Inggris, Hindi, Spanyol, Rusia, dan Arab, yang merupakan enam bahasa paling banyak digunakan di dunia. Bahasa lojban meminimalisir kesalahan dalam penafsiran, karena kosakatanya diambil dari kata dasar bahasa serapan.
lebih lanjut klik link dari en.wikipedia

LINGWA DE PLANETA
Spoiler for :
Orang-orang Ini Menciptakan Bahasa Mereka Sendiri
listverse.com

Pada tahun 2010 sekelompok ahli bahasa yang dipimpin oleh psikolog rusia dimitri ivanov mencoba membuat bahasa baru yang didasarkan dari bahasa Arab, Cina, Inggris, Prancis, Jerman, Hindi, Persia, Portugis, Rusia, dan Spanyol, yang merupakan sepuluh bahasa paling banyak digunakan di dunia. Lingwa de planeta adalah bahasa baru yang di harapkan bisa menjadi bahasa universal khususnya di Russia.


Bahasa Esperanto

Esperanto adalah bahasa buatan yang diciptakan oleh L.L. Zamenhof, dan merupakan bahasa artifisial yang paling banyak diucapkan di seluruh dunia. Nama "Esperanto" adalah nama samaran dari L.L Zamenhof sendiri ketika ia menerbitkan tentang bahasanya pada tahun 1887. Tujuan utama Zamenhof adalah untuk membuat bahasa netral yang mudah dipelajari dan digunakan sebagai bahasa perantara oleh berbagai orang yang memiliki bahasa ibu yang bermacam-macam.

Esperanto dikembangkan pada 1877–1885 oleh L.L. Zamenhof. Setelah sekitar sepuluh tahun perkembangannya, pada 26 Juli 1887 dia menerbitkan Unua Libro, tata bahasa pertama dari Esperanto, di Rusia, diikuti oleh versi dari beberapa bahasa lain dari tahun 1887 sampai 1889.
esperanto.net


BAHASA GAUL ALA DEBBY SAHERTIAN
Spoiler for :
Orang-orang Ini Menciptakan Bahasa Mereka Sendiri


Bahasa binan (kalo saya gak salah) adalah bahasa yang dipopulerkan oleh deby sahertian pada awalnya adalah bahasa yang digunakan para pekerja salon sebagai komunikasi privat mereka.
Ini contoh kosakata bahasa “aneh" tersebut
EGPCC= emang gw pikirin cuih cuih...
SDMB=sori dori mori bow
Akikah lapangan bola = aku lapar bo'
LUPUS = Lupain Pacar Utamakan Selingkuh