Buat Yang Mau Traveling Yuk Lihat Dulu Tips Dan Triknya Berikut Ini

6 Rahasia Traveling Hemat Ala Travel Blogger


Quote:
6 Rahasia Traveling Hemat Ala Travel Blogger

Kalo diliat-liat di video channel, blog atau media sosial, kayak Youtube, Vimeo, Instagram, Facebook, agan sista bakal nemuin banyak banget inspirasi liburan dari travel blogger. Mulai dari tulisan berupa blog, audio visual kayak video, sampe postingan mereka yang lagi berlibur ke tempat-tempat keren nan ciamik. Tapi, pas ngeliat postingan mereka, pernah gak agan sista ngebayangin gimana caranya mereka traveling? Gimana caranya ngumpulin duitnya? Kok bisa sih jalan-jalan melulu? Mungkin di antara kalian, bakal mikir, “ah…kayaknya mereka udah tajir dari sananya, makanya gak heran kalo jalan-jalan melulu.”
Eits, gak semua travel blogger itu tajir kok gan. Mereka bisa jalan-jalan melulu karena mereka punya tips gimana caranya bisa tetep traveling tanpa harus merogoh koceknya dalam-dalam.


Nah, buat kalian agan sista yang iri ngeliat postingan mereka dan kepengen jalan-jalan, tanpa harus boros, ini nih ada beberapa rahasia dari mereka para travel blogger tentang gimana caranya traveling hemat yang ane rangkum dari berbagai sumber, cekidot satu per satu di bawah ini gan:

Quote:
1. Pilih Low Season untuk Jadwal Bepergian

6 Rahasia Traveling Hemat Ala Travel Blogger

Pertama nih, mereka para travel blogger punya rencana yang sangat matang untuk mempersiapkan traveling. Mereka, jauh-jauh hari udah punya jadwal traveling, bahkan setaun sebelumnya gan sis! Hebatnya lagi, mereka tahu kapan waktunya traveling super murah!
Menurut beberapa travel blogger, waktu yang tepat buat liburan itu biasanya di bulan Januari, februari, April, lalu di bulan September dan Oktober! Kenapa gan? Soalnya pada bulan-bulan ini itu gak banyak orang yang pergi berlibur, alias lagi low season! Makanya banyak harga tiket pesawat dan akomodasi yang relatif lebih murah di bulan tersebut. Orang-orang tuh biasanya berlibur pada liburan sekolah di bulan Juni atau Juli, atau menjelang pergantian tahun di bulan November dan Desember.

Quote:
2. Jangan Terlalu Berpatokan pada Destinasi Pusat Turis

6 Rahasia Traveling Hemat Ala Travel Blogger

Udah pada tau dong gimana rasanya mengunjungi salah satu pusat atraksi turis. Hmmm…kebayang ngantrinya, penuhnya, plus ongkosnya! Nah, hal ini gak cuman bikin kantong cepet bolong gan, tapi juga bakal menghabiskan banyak waktu traveling agan sista!
Makanya nih, beberapa travel blogger menganjurkan untuk gak terlalu berpatokan pada destinasi populer aja! Agan sista bisa mencoba tempat-tempat menarik lainnya yang mungkin belum banyak yang tahu. Lagian, menurut travel blogger, waktu mengunjungi destinasi kurang populer justru bisa membuat pengalaman liburan agan sista jadi lebih berkesan.

Quote:
3. Manfaatkan Teknologi untuk Menunjang Traveling Agan Sista

6 Rahasia Traveling Hemat Ala Travel Blogger

Di era canggih kayak sekarang, sayang banget kalo agan sista gak memanfaatkan teknologi, contohnya aja yang ada di smartphone kalian. Hal ini terbukti, bisa menghemat waktu dan juga biaya selama perjalanan loh gan sis. Misalnya aja nih, aplikasi Google Maps, yang kini bisa mengukur biaya perjalanan agan sista saat menggunakan transportasi umum. Trus, ada Citymapper yang bisa ngasih tau berbagai transportasi umum di kota tujuan. Ada juga Expensify yang membantu mengelola keuangan kalian selama perjalanan. Atau berbagai aplikasi pencarian tiket pesawat dan hotel yang bisa ngasih tau berbagai promo yang sedang berlangsung. Nah, jadi jauh lebih hemat dan efisien kan gan?

Quote:
4. Ikut Grup/Komunitas Backpacker di Media Sosial

6 Rahasia Traveling Hemat Ala Travel Blogger

Satu lagi, sayang banget kalo agan sista yang hobi traveling tapi gak ikutan sama berbagai grup atau komunitas pencinta travel di sosial media. Soalnya di sini, kalian gak cuman bisa ngedapetin berbagai inspirasi atau tips selama perjalanan aja, kalian juga bisa bertanya sama mereka yang udah sering traveling.
Hebatnya lagi, di sini kalian bisa ‘mencontek’ itinerary dari anggota grup yang udah pernah ke kota tujuan agan sista. Dengan begitu, agan sista gak menghabiskan banyak waktu untuk survey, plus bisa tahu bagaimana caranya agar perjalanan kalian nantinya jadi lebih efektif!

Quote:
5. Mengikuti Berbagai Program yang Diselenggarakan Agen Travel

6 Rahasia Traveling Hemat Ala Travel Blogger

Satu lagi nih, biar traveling agan sista jadi lebih hemat, agan sista bisa memanfaatkan berbagai program yang diselenggarakan oleh Online Travel Agent. Mulai dari promo seperti kartu kredit, atau Loyalty Program yang bisa bikin kalian liburan gratis! Loyalty Point ini berupa poin-poin yang bisa agan kumpulin dari pembelian tiket pesawat dan hotel di agen travel tersebut. Intinya, semakin banyak poin yang agan kumpulin, maka makin besar peluang agan sista bisa traveling hemat. Soalnya, poin ini bisa dikumpulin untuk perjalanan agan selanjutnya. Agan sista hanya peru register atau daftar menggunakan email kalian, lalu kalian bisa mengumpulkan poin tersebut tanpa ikut undian yang bisa bikin harap-harap cemas tapi ujung-ujungnya gak dapet.

Quote:
6. Abadikan dan Bagikan

6 Rahasia Traveling Hemat Ala Travel Blogger

Yang terakhir nih, jangan lupa abadikan semua momen agan sista selama di perjalanan. Gak cuman posting di media sosial, tapi agan sista juga mengasah tulisan kalian soal travel di blog pribadi. Kalo perlu, pakai video gan sis. Buat yang belum terbiasa, tenang, di internet ada banyak tutorial yang ngajarin cara membuatnya. Nah, coba aja dulu, karena selalu ada hal pertama untuk semua yang ingin dilakuin.
Eh, kira-kira kenapa harus bikin blog atau vlog pribadi ya gan? Soalnya hal ini bisa bikin orang lain terinspirasi gan sis dengan catatan perjalanan kalian. Nah, kalo udah banyak yang ngeliat, bukan gak mungkin kalo kalian bakal di-endorse alias dibiayain sama perusahaan lain untuk travel. Sama seperti yang dilakuin oleh travel blogger gan sis!