Lomba yang sering di mainkan saat acara 17an

Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus, banyak masyarakat Indonesia melakukan berbagai aktivitas untuk memeriahkan peringatan tersebut setiap tahunnya. Salah satu kegiatan yang sering dilakukan untuk merayakan hari tersebut adalah lomba 17-an yang biasanya dilakukan di sekolah, di kompleks perumahan, atau pun perlombaan antar RT dan RW.

Lomba 17-an yang Populer di Kalangan Masyarakat Indonesia

Di zaman yang dipenuhi oleh generasi milenial seperti sekarang ini, perlombaan 17-an sudah hampir punah. Permainan-permainan yang dulu sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia kini sudah jarang terlihat. Padahal, permainan itu adalah permainan yang sangat mengasikan dan memiliki aspek kebersamaan yang khas dengan citra diri Indonesia. Untuk mengingat kembali perlombaan yang dulu ramai dilangsungkan pada 17 Agustus, di bawah ini ada beberapa daftar permainan yang bisa dilakukan untuk memperingati hari kemerdekaan RI.
Quote:• Lari Kelereng

Lomba 17-an yang Populer di Kalangan Masyarakat Indonesia

Lari Kelereng adalah salah satu perlombaan tradisional yang sangat sering dilakukan pada hari peringatan kemerdekaan RI. Sesuai dengan namanya, perlengkapan utama yang dibutuhkan untuk melakukan perlombaan ini adalah kelereng. Peserta diminta untuk berlari menuju garis finish sambil membawa sendok berisi kelereng di mulutnya. Apabila dalam perjalanan kelereng terjatuh, maka peserta harus mengulang kembali dari garis start. Peserta yang lebih dulu mencapai garis finish lah yang akan menjadi pemenangnya.

Quote:• Makan Kerupuk

Lomba 17-an yang Populer di Kalangan Masyarakat Indonesia

Salah satu makanan ringan khas Indonesia yang terkenal adalah kerupuk. Kegiatan memakan kerupuk juga sering dijadikan ide untuk merayakan hari kemerdekaan. Sejumlah kerupuk akan digantungkan di atas kepala peserta dalam jarak tertentu dan peserta harus berjinjit atau bahkan melompat untuk memakan kerupuk tersebut. Dalam permainan ini, peserta dilarang menggunakan tangan sama sekali. Siapa yang lebih cepat menghabiskan kerupuk lebih dululah yang menjadi pemenang.

Quote:• Tarik Tambang

Lomba 17-an yang Populer di Kalangan Masyarakat Indonesia

Perlombaan tarik tambang adalah perlombaan yang menuntut kekuatan. Peserta merupakan tim yang terdiri dari beberapa orang dengan jumlah yang seimbang. Tim pertama menarik tali tambang dari salah satu ujung tali sementara tim kedua menarik dari ujung yang lainnya. Tim yang berhasil menarik tali dan menjatuhkan peserta lawan yang akan menjadi pemenangnya.

Quote:• Panjat Pinang

Lomba 17-an yang Populer di Kalangan Masyarakat Indonesia

Kalau kalian adalah anak muda yang dulu sering ikut dalam perlombaan 17-an, kalian pasti tahu permainan Panjat Pinang. Permainan ini bisa dikatakan sebagai permainan yang paling populer disetiap perayaan 17-an. Batang pohon pinang yang tinggi akan dilumuri dengan minyak atau oli, dan dibagian atasnya digantungkan berbagai hadiah menarik. Peserta akan berlomba untuk memanjat pohon tersebut dan meraih hadiah yang telah disediakan itu. Masing-masing tim pemanjat akan diberi waktu yang sama dengan tim lainnya, dan apabila waktunya sudah habis, maka tim lainnya akan bergegas memanjat untuk mendapatkan hadiah yang tergantung di ujung atas pohon pinak.


Itulah perlombaan-perlombaan seru yang populer di kalangan masyarakat Indonesia, namun belum cukup dikenal oleh generasi milenial sekarang. Agan dan Sista, permainan apa yang dulu paling sering kalian mainkan?