Penting Beginilah Cara Mudah Mengajarkan Anak Kecil Menabung

Mengajarkan anak untuk menghargai uang harus sedini mungkin. Caranya sih gampang-gampang susah. Apa aja sih cara-caranya?
Cara Mengajarkan Anak Kecil Menabung

emoticon-rose Perlakukan Anak Sebagai Teman Sharing emoticon-rose
Quote:Cara Mengajarkan Anak Kecil Menabung
Quote:Anak kecil pikirannya masih bersih, belum banyak informasi yang masuk. Masih belum bisa membedakan mana baik, dan mana yang buruk.

Saya pribadi sering meluangkan waktu untuk adik bercerita kecil. Misalnya di sekolah belajar apa? Pelajarannya susah? Kalo di sekolah suka berteman sama siapa aja? Temen kamu baik enggak? Siapa teman yang suka jahatin kamu di sekolah?

Kalo anak kecil engga dikorek, dia engga akan cerita masalah yang dia alami. Kadang diluar dugaan tetangga yang baik ternyata anaknya tukang palak loh ! Kalo udah di palak ya biasanya nurut-nurut aja, soalnya biasanya diancam "enggak akan ditemenin main". Yah daripada engga diajak main, dikasih aja seribu duarebu. Tapi kan si tukang palak kan jadi keenakan, karena dia dikasih orang tuanya duit jajan, eh ditambah lagi hasil malak. Padahal adik kecil ku itu jajan disekolah misal 5rebu, karena dipalak dua rebu malah ngirit jajan 3rebu doang emoticon-Frown

Ajari sang anak untuk berkata TIDAK kalo di palak. Sambil sharing dengan adik, berikan sentuhan misalnya di belai, di pangku, atau dipeluk dari belakang supaya sang anak merasa nyaman dan benar-benar diperhatikan. Karena dengan bicara seperti itu doang, sang anak merasa menyesal. Buatlah iya tetap tenang, dengan sedikit sentuhan.


emoticon-rose Ajarkan Rasa Syukur Hidup Berkecukupan emoticon-rose
Kalo lagi jalan sama anak kecil, ajarkan dia mengamati dan bersyukur
Salah satu contohnya, ketika di lampu merah kan sering ketemu sama pengemis anak-anak kecil yang deketin dan minta duit. Kasih tau ke adik, kenapa mereka pada mau mengemis. Bisa karena kebutuhan dan memaksa anak harus membantu mencari uang, dan uang tersebut bukan dipake anak itu jajan. Tapi buat menambah keperluan dapur. Anak-anak itu belum tentu sekolah, dan mereka sehari-hari kepanasan. Kalau sakit belum tentu keurus, bisa aja tetep dipaksa mencari duit. Bahkan, kalo keadaan sakit tu membuat iba orang lain. Dengan harapan pengemis mencari uang lebih banyak



emoticon-rose Sedikitpun Nominal Uang Itu Sangat Berarti emoticon-rose
Quote:Cara Mengajarkan Anak Kecil Menabung
Quote:TS ngajarin adik dengan minimal misahin uang seribu sehari. Karena adik punya hobby koleksi mobil mainan (maaf ga nyebutin merek karena ga ada endorse ). Jika seribu sehari dikalikan sekolah selama sebulan (26 hari) maka kekumpul uang 26rb. Harga mobilan nya kan 30rb, sedikitnya ditambahin sama kita.

Langsung semangat aja nih adik Malah di luar dugaan dia sehari kadang misahin 2rb atau 3rb.

Tapi, sebagai orang tua engga boleh ingkar janji. Anak kecil akan selalu ingat apapun yang dijanjikan. Kalau udah kekumpul dan kita ada waktu buat belanja, yaudah antar aja. Syukur-syukur kalo ada rejeki lebih, ikut nambahin juga sebagai salah satu bentuk hadiah karena sang anak udah bisa menabung