Trernyata Sering Minum Kopi Dapat Mengurangi Resiko Mati Muda

 Sering Minum Kopi Turunkan Resiko Mati MudaSebuah penelitian yang dilakukan terhadap 20.000 orang menemukan, konsumsi kopi yang banyak dapat mengurangi risiko mati muda hingga 2/3 nya.

Peneliti Spanyol, yang meneliti orang-orang berusia 25 sampai 60 tahun selama satu dekade ini percaya bahwa senyawa antioksidan dalam kopi bermanfaat bagi jantung dan mencegah kanker.

Meski peserta yang diteliti relatif muda, dengan usia rata-rata 37 di awal penelitian, rata-rata kesempatan untuk meninggal selama sepuluh tahun sangat rendah, hanya 1,7 persen. 


Yang Minum Kopi Paling Banyak Paling Sehat

Sering Minum Kopi Turunkan Resiko Mati Muda
kopi dapat meningkatkan fungsi hati, mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Quote: Para peneliti menemukan risiko kematian turun lebih jauh di antara mereka yang minum kopi paling banyak tiap harinya.

Setiap dua cangkir kopi pada keseharian kita dikaitkan dengan penurunan angka kematian sebesar 22 persen dan penurunannya menjadi 30 persen pada usia di atas 45 tahun.

Sementara Mereka yang minum empat cangkir kopi setiap harinya memiliki penurunan risiko kematian sebesar 64 persen, dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah atau jarang mengkonsumsi kopi, yang berarti para penggemar kopi memiliki risiko kematian sangat rendah yakni di bawah 1 persen.

Pemimpin studi Dr Adela Navarro, seorang ahli jantung di Navarra Hospital, Pamplona, Spanyol, ​​mengatakan: "Saya menyarankan semua orang untuk minum banyak kopi, kopi sangat baik untuk jantung Anda."

Ketika melakukan presentasi di konferensi Masyarakat Kardiologi Eropa di Barcelona, ​​ia mengatakan bahwa kanker adalah penyebab kematian terbesar yang terlihat dalam penelitiannya, diikuti oleh penyakit jantung. Sementara kopi mengandung senyawa yang baik bagi jantung dan sistim kekebalan tubuh.

"Hasilnya konsisten dengan penelitian lain yang kami lakukan," katanya. "Saya pikir semuanya karena polifenol (zat senyawa antioksidan dalam kopi), yang memiliki efek anti-inflamasi."


Minum Kopi Dalam Batas Wajar Dan Gaya Hidup Sehat

Sering Minum Kopi Turunkan Resiko Mati Muda
Badan Keamanan Pangan Eropa menyarankan agar orang minum tidak lebih dari 0.4 gram kafein sehari, yang setara dengan lima cangkir espresso atau empat cangkir kopi hitam instan. 

Quote: Penelitian ini hanya bersifat statistik, sehingga tidak dapat membuktikan bahwa kopi adalah pengurang resiko kematian terbaik. Namun ini memperkuat temuan dari penelitian sebelumnya di London, Inggris.

Sebuah studi pernah dilakukan terhadap 520.000 orang, dipimpin oleh Imperial College London, yang menemukan bahwa kopi dapat meningkatkan fungsi hati, mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kopi mengandung sejumlah senyawa yang berinteraksi dengan tubuh, termasuk kafein, diterpenes dan antioksidan, dan ilmuwan yakin beberapa di antaranya memiliki dampak perlindungan untuk tubuh manusia.

Dr Navarro menambahkan: "Temuan kami menunjukkan bahwa meminum empat cangkir kopi setiap hari dapat menjadi bagian dari minuman sehat yang dikonsumsi orang sehat. Kami tidak menyatakan batas atas (batas maksimal kopi yg dikonsumsi), karena kami tidak melihat banyak peminum kopi yang minum lebih dari delapan cangkir setiap harinya."

Namun para ahli juga pernah memperingatkan untuk tidak minum kopi diluar batas kewajaran.

Badan Keamanan Pangan Eropa menyarankan agar orang minum tidak lebih dari 0.4 gram kafein sehari, yang setara dengan lima cangkir espresso atau empat cangkir kopi hitam instan.

Profesor Metin Avkiran dari British Heart Foundation mengatakan: "Cara terbaik untuk meminimalkan risiko penyakit kardiovaskular dan kematian dini adalah dengan berkonsentrasi pada gaya hidup sehat secara keseluruhan. makan makanan yang seimbang, tetap aktif dan tidak merokok".