Mengenal Lebih Banyak Tentang Investasi Emas Agar Tidak Rugi

Lebih Banyak Tau Tentang Investasi Emas

Investasi sudah menjadi kebutuhan bagi beberapa masyarakat yang ingin memiliki kepastian hidup mapan di masa yang akan datang.
Banyak masyarakat yang lebih memilih investasi logam mulia karena harganya yang stabil.
Namun, harga emas di pasaran bisa saja tidak stabil dan mengalami perubahan yang cepat. Hal ini disebabkan karena banyak hal, terutama masalah dan juga kondisi perekonomian dalam suatu negara. Mengingat hal tersebut, dianjurkan anda untuk melakukan investasi dalam bentuk portofolio lainnya.
Investasi memiliki sejumlah resiko di dalamnya, sehingga berbagai bentuk antisipasi wajib dilakukan.
Pembelian emas dalam bentuk investasi perlu dipertimbangkan terlebih dahulu, karena harga emas yang fluktuatif dan dipengaruhi nilai inflasi. Pada dasarnya nilai emas ditentukan dengan harga Dollar, yang harganya dapat berubah sewaktu-waktu dan dipengaruhi nilai tukar rupiah juga pada harga emas di pasaran,
Semakin rendah harga rupiah terhadap dolar, maka semakin tinggi harga emas dipasaran.
Nilai tukar rupiah terhadap mata uang asiing dipengaruhi oleh berbagai hal yang terjadi di dalam ekonomi negara kita, seperti keamanan dan kestabilan ekonomi negara itu sendiri.




  Ada berbagai macam bentuk investasi emas :



Quote:Quote: Emas Perhiasan (Jewelry)
Quote:Lebih Banyak Tau Tentang Investasi Emas
Quote:Investasi perhiasan emas sudah banyak dipilih masyarakat sejak jaman dahulu. Sambil berhias, anda pun sambil berinvestasi.
Namun investasi ini memiliki kelemahan salah satunya biaya pembuatan yang harus dibayarkan untuk perhiasan tersebut.
Jumlah biaya pembuatan emas terbilang cukup besar, biasanya dihitung dalam per-gram emas yang akan dibeli. Semakin berat perhiasan , semakin besar juga biaya pembuatannya.
Selain itu, semakin rumit bentuk perhiasan maka biaya pembuatannya juga semakin tinggi.
Biaya pembuatan ini akan hilang atau tidak dihitung jika kita melakukan penjualan kembali. Saat akan menjualnya kembali, nilai emas akan dihitung berdasarkan berat dan juga kadar emas yang terkandung di dalamnya. Padahal anda sudah membayar sejumlah biaya pembuatan ketika membuat emas itu kan?


Quote:Quote:emoticon-rose Emas Batangan (Bar) emoticon-rose
Quote:Lebih Banyak Tau Tentang Investasi Emas
Quote:Nilai investasi emas ini lebih tinggi daripada emas perhiasan, karena nilai investasi ini lebih stabil (antara nilai jual dengan nilai belinya).
Emas batangan memberikan rasa aman karena disertai sertifikat sebagai jaminan keaslian emas antara lain : ukuran dan tingkat kadar emas.
Di Indonesia, emas batangan secara resmi dikeluarkan oleh PT. Aneka Tambang Tbk, yang mengeluarkan beberapa ukuran antara lain 1, 2, 2.5, 5, 10, 25, 50,100, 250, 1000 gram dengan kadar emas 999,9%


Quote:Quote:emoticon-rose Koin Emas (Coin) emoticon-rose
Quote:Lebih Banyak Tau Tentang Investasi Emas
Quote:Investasi ini sudah dilakukan sejak jaman dahulu, hingga saat ini banyak yang berburu emas antik yang nilainya sangat tinggi dipasaran.



Quote: Loco London Gold (LGD)
Quote:Lebih Banyak Tau Tentang Investasi Emas
Quote:Berbeda dengan investasi emas yang sebelumnya dijelaskan diatas yang berbentuk fisik. Investasi ini berbentuk non fisik.
Investasi ini bisa disebut berbisnis nilai tukar emas alias gold trading. Loco London Gold adalah ajang bagi investor emas yang tidak ingin berdagang dengan emas fisik dan beralih memperdagangkan nilai tukarnya di pasar emas dengan margin.
Situasi perdagangan di Loco London Gold sangat fleksibel dan berlangsung sepanjang hari, sehingga Anda harus benar-benar familiar dengan metode jual beli margin emas, penentuan waktu transaksi dan pemilihan jenis transaksi yang dilakukan. Anda juga harus paham dengan naik turun harga emas di seluruh dunia, karena hal itu sangat memengaruhi bentuk transaksi di pasar emas London ini.
Pengawasan ketat di Loco London juga membantu menjaga kestabilan aktifitas perdagangan emas dunia. Selain itu, ini bisa menjadi sarana diversifikasi investasi agar resiko investasi bisa diperkecil.
Resiko berdagang kontrak derivative emas sebenarnya lebih besar dari berdagang emas fisik, namun resiko itu bisa diperkecil ketika Anda berkonsultasi pada konsultan investasi kontrak emas berjangka yang banyak terdapat di Indonesia.