Trik Sederhana Mengetahui Beras Alami Atau Mengandung Bahan Kimia

Nasi tidak cepat basi apakah itu ada campuran zat kimia.
Quote:



Saat ini mbah lagi makan nasi Siren alias "Sisa Kemaren", pernah suatu saat mbah inget masalah nasi plastik, dan sebagainya setelah mbah selidiki melalui layar ajaib itu hoax ya gan !!

Nasi tidak cepat basi apakah itu ada campuran zat kimia.

Loh kok mbah kesimpulannya gitu ?? Yup karena harga polymer itu sangat mahal dibanding harga beras itu sendiri, kok bisa ada kabar hoax seperti itu ??
Bisa saja mungkin ada tujuan tertentu seperti merusak stabilitas ekonomi pada suatu negara, atau buat heboh2an aja kaya dolo heboh "Dukun santet", "kolor ijo", dsb.

Nasi tidak cepat basi apakah itu ada campuran zat kimia.

Oke balik lagi ke masalah nasi yang awet dan tahan lama apa dicampur dengan zat kimia seperti borax dan formalin ?? Mmmmhhh sepertinya tidak mungkin, masa nanti kita makan nasi jadi kenyal dan renyah gara2 si borax, malah banyak di warteg nasinya rada keras karena pakai beras pera, kalau restoran nasi lebih empuk karena pakai beras yang pulen.

Kecuali pada jenis makanan yang lain, efek borax yang diberikan pada makanan dapat memperbaiki struktur dan tekstur makanan. Seperti contohnya bila boraks diberikan pada bakso, akan membuat bakso tersebut sangat kenyal dan tahan lama, sedangkan pada kerupuk yang mengandung boraks jika digoreng akan mengembang dan empuk serta memiliki tekstur yang bagus dan renyah.

Sekalian mbah kasih tips nih agar terhindar dari boraks, tusukkan tusuk gigi pada kunyit terlebih dahulu, kemudian tusukkan pada makanan yang akan diuji. Setelah kira-kira 5 detik, maka akan terlihat apakah makanan tersebut mengandung boraks atau tidak.
Kunyit akan bereaksi terhadap bahan kimia termasuk borax yaitu dengan perubahan warna. Bila makanan mengandung borax, maka tusuk gigi tersebut akan berwarna merah.

Nasi tidak cepat basi apakah itu ada campuran zat kimia.

Ok balik lagi ke nasi ko bisa awet dan tahan lama bahkan nasi terlihat putih kalo masak dirumah kadang suka kekuning kuningan ??

Perhatikan baik2 ya guys ini akan di berikan rahasia buyutnya mbah :

Jenis Beras

Beras pera lebih tahan lama daripada beras pulen atau punel. Beras pulen kandungan airnya lebih banyak sehingga lebih cepat basi. Kalau beras pera ingin terasa pulen, biasanya ditambah air. Tapi ini malah mempercepat nasi menjadi basi.

Tegangan Listrik Turun

Rice cooker di Indonesia dirancang dengan tegangan 220 V. Tegangan sebesar ini mampu menghangatkan nasi pada rentang suhu 75 - 80 °C. Bila terjadi gangguan listrik maka tegangan listrik bisa turun sampai 180 V, bahkan lebih rendah sehingga penghangatan nasi tidak bisa mencapai 75 - 80 °C. Akibatnya nasi menjadi berair, lembek, dan akhirnya basi.

Lubang Pengeluaran Uap Tersumbat

Lubang pengeluaran uap pada rice cooker sering kali tersumbat nasi. Jika ini terjadi maka lubang akan lembab dan menjadi sarang bakteri pembusuk. Akibatnya nasi cepat basi. Oleh karena itu, bersihkan lubang uap secara berkala minimal satu bulan sekali.

Setelah yang diatas di minimalisir ini dia resep untuk nasi agar tidak mudah basi "Jeruk Nipis".

Nasi tidak cepat basi apakah itu ada campuran zat kimia.

Cuci beras yang akan dimasak. Jangan diremas-remas terlalu kuat supaya kandungan vitamin B-nya tidak berkurang. Selanjutnya tambahkan air kira-kira 1 ruas jari telunjuk dari permukaan beras, tetapi ukuran ini tergantung jenis berasnya, ada beras yang butuh banyak air ada pula yang tidak. Kemudian tambahkan perasan jeruk nipis, untuk 1 kg beras tambahkan 1 jeruk nipis. Boleh juga ditambahkan sehelai daun pandan wangi kalau ingin nasinya beraroma pandan. Setelah itu, nyalakan rice cooker dan tunggu sampai masak.

Nasi tidak cepat basi apakah itu ada campuran zat kimia.

Lihat hasilnya. Nasi yang sudah masak akan kelihatan lebih putih dan beraroma pandan.

Apa rasanya tidak asam? Sama sekali tidak.

Nasi yang dimasak dengan perasan jeruk nipis akan lebih tahan lama. Mengapa demikian? Karena senyawa asam yang terkandung dalam jeruk nipis mampu menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan nasi cepat basi.

Warna pada nasi juga lebih putih dari biasanya, jadi silahkan dicoba ya guys dan jangan pernah berfikiran negatif pada rumah makan sebelum kita pasti menelitinya ya guys.

Nasi tidak cepat basi apakah itu ada campuran zat kimia.

Mbah kok nasinya bisa kenyal2 dan manisnya beda kaya manis gula ??

Memang untuk mengatasi kualitas beras yang jelek kita bisa mengakalinya dengan memberikan agar2 dan juga gula pasir secukupnya.

Berikut cara memasaknya buat sista2 bisa di praktekkan dirumah ya.

Bahan-bahan:

3 cangkir kecil beras
1/2 bungkus bubuk Agar-agar
4 lembar daun pandan
1 Sendok teh gula pasir
Sedikit garam dan minyak sayur
Air secukupnya

Cara membuat:

Cuci beras maksimal sebanyak 3 kali lalu tiriskan. Tambahkan air hingga melewati sedikit 1 ruas jari.

Masukan bubuk agar-agar lalu aduk. Masukkan juga gula, garam dan minyak sayur. Ini akan membuat nasi menjadi lebih kenyal dan enak.

Masukan ke dalam rice cooker dengan daun pandan yang diikat simpul. Tunggu hingga rice cooker berubah tanda dari cook menjadi warm.

Sajikan nasi kualitas istimewa dengan beras yang kualitasnya kurang.

Nasi tidak cepat basi apakah itu ada campuran zat kimia.

Tambahan lagi nih tips dari mbah agar beras terjaga kualitasnya, tips sederhana menghindari serangan kutu beras yang berakibat pada menurunnya kualitas beras, atasi dengan cara berikut ya guys.

1. Masukkan 50 gram daun jeruk purut yang sudah ditumbuk ke dalam 10 kg beras. Sesekali buka tempat penyimpanan beras agar beras tak berbau apek. Dengan daun jeruk purut, beras akan terbebas dari kutu dan punya aroma yang harum ketika dimasak.

2. Campurkan beras bersama 2-3 tangkai daun asam jawa yang telah dibersihkan atau dikeringkan ke dalam tempat penyimpanan beras.

3. Daun belimbing wuluh juga bisa digunakan sebagai penangkal kutu di tempat penyimpan beras. Masukkan 2-3 tangkai daun belimbing wuluh yang sudah dibersihkan dan dikeringkan ke dalamnya.

4. Masukkan beberapa batang lada kering ke dalam campuran beras. Ini juga bisa mengusir kutu.

5. Masukkan 1-3 buah cabai kering ke dalam beras. Aroma cabai kering yang menyengat akan mencegah kutu beras datang kembali. Jangan lupa tutup kotak penyimpan dengan rapat, dan simpan di tempat kering dan sejuk.

Ok sekarang jadi jelaskan apa yang mbah sampaikan jangan kita berfikiran negatif pada rumah makan ya sebaiknya diteliti dulu kalau ada yang mencurigakan daripada nanti kena pencemaran nama baik ya guys, bagaimana pendapat kalian.